Waktu yang Tepat Untuk Menggosok Gigi Saat Puasa



Bismillah...

Salah satu hal yang bisa membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu ke dalam tubuh melalui tujuh lubang yang dimiliki oleh manusia. Lalu bagaimanakah jika menggosok gigi saat puasa karena ketika sahur lupa untuk menggosok gigi? Apakah akan membatalkan puasa?

Menggosok gigi bisa membatalkan puasa jika....

Kalau melihat dari perkataan para ulama di masa lalu, diperbolehkan untuk menyikat gigi selama tidak ada sesuatu yang masuk ke dalam rongga tubuh atau perut

Imam Nawawi dalam Majmu, syarah al-Muhadzdzab menjelaskan, "Jika ada orang yang memakai siwak basah, kemudian airnya pisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama. Demikian dijelaskan oleh al-Faurani dan lainnya. (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 343)."

Dikutip dari https://rumaysho.com Namun ada saran dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, “Lebih utama adalah orang yang berpuasa tidak menyikat gigi (dengan pasta). Waktu untuk menyikat gigi sebenarnya masih lapang. Jika seseorang mengakhirkan untuk menyikat gigi hingga waktu berbuka, maka dia berarti telah menjaga diri dari perkara yang dapat merusak puasanya.” (Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibnu ‘Utsaimin, 17: 261-262). 

Kapan sebaiknya menggosok gigi saat puasa?

Memang para ulama memperbolehkan untuk menyikat gigi selama berpuasa dengan syarat, akan tetapi menurut saya lebih baik kita menghindari saja. Lalu kapan saja sebaiknya waktu yang tepat untuk menggosok gigi selama berpuasa? Saya pribadi selama puasa ada 2 waktu yang saya gunakan untuk menggosok gigi yaitu setelah sahur dan setelah berbuka puasa

#30harikebaikanBPN
#bloggerperempuan

1 Comments

  1. saya malah kadang langsung sikat gigi aja pas lagi mandi..
    soalnya kalo abis saur langsung sikat gigi gitu mual rasanya.. hehe

    BalasHapus