5 Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadhan

Bismillah

Gak terasa ya gaess sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan.

Selain kemunculan hilal, tanda Ramadhan telah datang juga bisa dilihat dari banyaknya iklan syrup di televisi 😂

Ramadhan itu ibaratnya tamu yang istimewa, maka diperlukan beberapa persiapan untuk menyambut kedatangannya. Gak mau kan ibadah Ramadhanmu sia-sia? Pastinya semua mengharapkan akan melewati Ramadhan kali ini dengan penuh kekhusyuan beribadah, ya kan?


Persiapan Menyambut Ramadhan

Nah agar ibadah Ramadhan kita lancar nantinya, maka inilah hal-hal yang perlu dipersiapkan:

1. Mempelajari fiqih shaum (puasa), sebagai seorang Muslim wajib banget ya mempelajari ibadah sehari-harinya termasuk fiqih puasa. Kenapa sih kita harus tau fiqih puasa? Iya donk kan mau maksimal ibadah puasanya, minimal kita harus tahu tuntunan puasa yang benar dan sesuai dengan ajaran Rasulullah. Apalagi jaman sekarang media buat belajar tuh mudah banget kan ya, bisa melalui video, atau buku-buku bacaan. Insya Allah dengan ilmu maka kita bisa beribadah dengan cara yang benar dan diterima oleh Allah
Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan kepadanya, maka Allah mudahkan pemahaman dalam menuntut ilmu agamanya" (HR. Bukhari dan Muslim)
2.  Mempersiapkan manajemen amal, bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan di dalamnya. Segala amal ibadah memiliki pahala dua kali lipat dibandingkan bulan-bulan biasa, maka ada baiknya kita memiliki target amaliyah di bulan Ramadhan. Misalnya khatam al quran, selalu melaksanakan sholat sunnah, dan lain-lain. 

3. Menjaga kesehatan dan stamina fisik, mempersiapkan fisik agar tetap sehat di bulan Ramadhan merupakan hal yang sangat penting. Apalagi kesehatan itu modal utama dalam beribadah, kalau fisik kita sehat akan lebih semangat dalam melaksanakan ibadah.

4. Membersihkan rumah, Islam memerintahkan kepada kita agar hidup bersih. Terlebih lagi saat menyambut bulan suci Ramadhan. Supaya ibadah kita lebih khusyuk dan nyaman maka kita perlu banget menjaga kebersihan baik di rumah maupun lingkungan sekitar rumah.

5. Persiapan finansial (keuangan), bulan Ramadhan merupakan bulan amal shalih. Diantara amal shalih yang paling dianjurkan adalah berinfaq dan bersadaqah. Hal ini sesuai dengan sunnah Rasulullah yaitu:
dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan sikap kedermawaaannya semakin  bertambah pada bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril menemuinya untuk mengajarkan Al-Qur’an kepadanya. Dan biasanya Jibril mendatanginya setiap malam pada bulan Ramadhan untuk mengajari Al-Qur’an. Sungguh keadaan Jibril sangat dermawan pada kebaikan melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Sebagai Muslim sepantasnya menyiapkan finansial sebelum datangnya bulan Ramadhan, untuk diinfakkan saat datang bulan Ramadhan

Demikianlah hal-hal yang bisa kita persiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan

Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Ahlan wa Sahlan yaa Ramadhan 1440 H

Bekasi, 03 Mei 2019
Riska Nuraini

Fb: Riska Naura Aini
Twitter: @riskanaura90
Instagram: @_riskanaura

1 Comments