Juli 04, 2019

4 Hal yang Harus Dilakukan Istri Saat Suami Masih Kuliah

by , in

Kuliah saat masih single? saya yakin sudah biasa, saya sendiri pernah menginginkan untuk menjadi pelaku KKN. Apa tuh KKN? yakni Kuliah, Kerja, Nikah, alasannya sih supaya ada yang nyemangatin kuliah dan pas wisuda ada pendampingnya xixixi, tapi qoddarullah takdirnya belum ketemu jodoh.

Eh malah suami saya yang menjalani masa-masa kuliah saat sudah menikah, waktu itu sempat ngiri juga "wah ternyata yang bisa ngerasain saat wisuda sudah ditemani pasangan halal" 😀

Kuliah saat sudah menikah tentu butuh perjuangan yang lebih berat, termasuk suami saya, pun saya sebagai istri harus banyak-banyak pengertiannya. Karena keberhasilan suami juga merupakan keberhasilan istri

Trus sebagai istri tentu akan ada peran yang harus dilakukan demi lancarnya proses studi suami, kira-kira inilah yang harus dilakukan istri saat suami masih kuliah

1. Membantu mencarikan kampus

Ini saya alami sendiri, saat itu suami memutuskan untuk masuk kuliah saat baru nikah di tahun 2014. Dengan latar belakang suami yang juga aktif mengajar di sekolah full day, maka mau gak mau saya dan suami harus mencari kampus yang menerima kelas karyawan, yaitu pada saat weekend. Selain itu biaya perkuliahan juga menjadi salah satu kriteria dalam menentukan kampus

2. Mengerti kondisi suami

Sudah seharusnya istri mengerti kondisi suami yang masih kuliah, baik dari segi waktu maupun materi.

Waktu itu suami saya aktif kuliah hari minggu, sedangkan senin-sabtu ngajar. Makanya waktu suami udah mulai kuliah nyadar diri aja harus tabah dan sabar kalo selama 4 tahun ke depan suami gak punya libur hari minggu, dimana biasanya kalo hari minggu itu kan orang-orang pada jalan-jalan ama keluarganya. Eh sekalinya kuliahnya ada libur, suami capek pengen istirahat hehe...yo wis lah toh penantian itu sekarang selesai juga

Selain dari segi quality time, hal yang harus istri mengerti adalah kondisi keuangan, pastinya kalo kuliah ada biayanya kan, biaya ini lha, itu lah, ya sebagai istri harus ngerti. Tahan aja dulu kalo pengen shoping-shoping apalagi kalo keuangan sangat terbatas, syukur-syukur kalo istri punya penghasilan sendiri yang gak usah minta ke suami, tapi ada bagusnya juga ditabung buat jaga-jaga ada biaya tak terduga untuk kuliah suami

3. Selalu mendukung

Ini penting juga sih, namanya juga kuliah, saat masih sendiri aja berat banget apalagi pas masa-masa skripsi. Nah apalagi kalo kuliahnya pas udah nikah, blom lagi mikirin tanggung jawab harus nafkahin anak istri, makanya dukungan dari kita sebagai istri penting banget gaess

Kalo ada yang nyinyir bilang "salah sendiri kenapa belom kuliah udah nikah" ya udah lah senyumin aja toh jodoh gak ada yang tau kapan datangnya, ye kan

4. Mendoakan

Hal terakhir yang bisa dilakukan istri adalah mendoakan suami, iya doain aja supaya studi pak suami berjalan lancar, bisa lulus tepat waktu.

Menjadi istri dari suami yang masih kuliah bukan hal yang berat qo gaess, baru ditinggal kuliah blom ditinggal ke medan perang hehe, kuncinya tetap sabar dan pengertian aja. Semoga para istri di luar sana yang yayangnya masih studi diberikan kesabaran, insya Allah kalo suami berhasil karena dukungan kita, kita juga kan yang bahagia 
Juni 25, 2019

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bergaul dengan Laki-Laki Beristri atau Wanita Bersuami

by , in

Gaess dimasa yang katanya sudah mendekati akhir jaman seperti sekarang ini, interaksi antara laki-laki dan wanita hampir selalu dilakukan setiap hari. Apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi. Semakin mudah melakukan intersaksi baik melalui inbox facebook maupun melalui aplikasi chatting. Segalanya sungguh mudah. Entah di kantor, di sekolah maupun tempat umum lainnya.

Tapi perlu diingat interaksi yang sedemikian intens tersebut bisa berakibat fatal jika tak berhati-hati. Bisa-bisa ada hati yang tersakiti, baik suami atau istri. Apalagi di jaman sekarang qo ya kayaknya udah hal yang biasa jika ada affair (misalnya) antara atasan dan bawahan padahal masing-masing sudah berkeluarga. Naudzubillah...

Tak jarang banyak orang yang cuek untuk mencegah hal-hal tersebut dengan dalih bukan urusan mereka atau merasa gak enakan karena udah teman dekat padahal kalau dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan kerusakan yang nyata

Maka, diperlukan rambu-rambu agar interaksi dengan lawan jenis yang sudah memiliki pasangan tidak merugikan siapa pun. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Tidak saling berkomunikasi diluar urusan pekerjaan. Ini yang paling aman sih, jangan melakukan komunikasi apa pun terhadap lawan jenis melainkan untuk urusan pekerjaan.

2. Tidak melakukan khalwat alias berduaan, entah di dunia nyata atau di dunia maya. Meski gak ada apa-apa ya buat jaga-jaga aja supaya nggak timbul fitnah. Memang dilarang untuk berprasangka, tapi sebisa mungkin kita tidak melakukan hal-hal yang membuat orang lain jadi curiga

3. Jangan curhat masalah pribadi ke lawan jenis. Kalo yang ini big no ya, jangan sekali-sekali mencoba untuk curhat masalah pribadi apalagi masalah rumah tangga kepada lawan jenis. Kalo mau curhat masih banyak qo teman lain yang bisa dijadikan tempat curhat, lebih amannya curhat ke Allah aja ya

4. Tetap menghargai perasaan suami/istri teman kita yang sudah berpasangan tersebut. Bersikaplah sewajarnya. Tentu kita gak mau kan punya pasangan yang ganjen, maka dimulailah dari diri sendiri

5. Jangan bersikap sok genit, sok manja dan cari perhatian jika dihadapan lawan jenis. Bersikaplah secara biasa dan tidak dibuat-buat. Tunjukkan pada dunia bahwa kita manusia bermartabat dan punya harga diri

6. Bagaimana kalo ternyata ada rasa? Sadari aja bahwa untuk bahagia itu gak harus dengan membuat orang lain sengsara, gak level dan gak elegan banget lah ya caranya, bahagialah dengan caramu sendiri.

Jadi intinya berinteraksi dengan lawan jenis boleh-boleh saja asal tidak berlebihan dan tidak membuat rugi  siapa pun. Semoga kita semua terhindar dari fitnah akhir jaman.
Juni 24, 2019

[Review Novel] The Coffe Memory by Riawani Elyta

by , in
dok. pri


IDENTITAS BUKU

Judul : The Coffe Memory
Penulis : Riawani Elyta
Penerbit : Bentang Pustaka
Tebal : 222 halaman
Terbit : Cetakan Pertama, Maret 2013
ISBN : 978-602-7888-20-3
Rating: 💓💓💓💛💛

BLURB

Komposisi: Cinta, Rindu, Candu, Perpisahan, Kopi
Cara Penyajian: Tuangkan rindu, candu, perpisahan, dan kopi ke dalam cangkir.
Tambahkan 180cc air cinta, aduk dan sajikan.

Saat aroma kopi itu menjauh,
Kusadari bahwa kau tak mungkin kutemui lagi
Seperti aromamu yang terempas oleh butir udara
Meninggalkanku dalam sunyi yang dingin

Sampai kusadari kau hadir
Menyergapku dalam diam
Mengembalikanku dalam kenangan
Dan menabur aroma yang sama dgn apa yg telah kutinggalkan
Ketika itulah aku pahami
Aku tak mungkin berpaling lagi

SINOPSIS

Dania dan Andro sepasang suami istri pencinta kopi, rutinitas mereka setiap pagi adalah menghangatkan tubuh dengan cairan hitam tersebut sebelum memasukkan makanan apa pun. Padahal mereka menyadari kebiasaan tersebut merupakan pemicu timbulnya penyakit maag. 

Andro terbiasa menghirup kopi pada saat kepulan uapnya masih berputar di atas cangkir. Dan, pada saat sisi luar cangkirnya tidak terasa hangat, dapat dipastikan bahwa ketika itu kopi di dalam cangkir Andro hanya tinggal ampasnya saja.

Dunia seakan runtuh bagi Dania setelah kecelakaan naas itu. Memang,saat kita kehilangan orang yang paling kita cintai selamanya, sangat susah sekali untuk move on. Di saat dia harus bangkit demi masa depan kafe Katjoe Manis yang dirintisnya bersama Andro dari nol, banyak cobaan dan hambatan yang menerpanya. Dania harus berjuang keras, ada anaknya yang butuh kasih sayangnya, dan juga belasan karyawan yang hidupnya tergantung dengan masa depan Katjoe Manis.

Sementara itu, ada Pram dari masa lalunya yang ternyata juga membuka Bookafeholic yang tidak jauh dari Katjoe Manis. Meski menjadi pesaingnya dalam dunia bisnis, namun Pram tidak pantang mudur untuk mendapatkan hati Dania. Selain itu ada juga Barry, barista di kafe Katjoe Manis dengan segudang mimpi yang juga memasuki hati Dania

Lalu siapakah yang akan dipilih oleh Dania untuk menggantikan Andro? baca selengkapnya dalam novelnya ya hihi

REVIEW

Novel ini saya baca saat mudik lebaran kemarin, belinya pun di google play book hehe, efek jauh kemana-mana kalau di kampung. Dan salah satu yang membuat saya penasaran dengan novel ini adalah covernya yang unik hehe... bergambar biji kopi berwarna coklat dengan tulisan judul di tengah-tengahnya. 

Jadi The Coffe Memory ini adalah seri love flavour dari Bentang, dari sekian seri saya memutuskan untuk membaca ini selain karena tertarik dengan kovernya, saya juga termasuk penyuka minuman kopi.

Sama dengan novelnya Riawani Elyta yang berjudul Tarappucino, latar novel ini yaitu kota Batam, namun sayang saya merasa setting tempat dalam novel ini hanyalah tempelan saja. Kurang dieksplore bagaimana keadaan kota Batam itu sendiri, hanya sekedar menyebutkan nama tempat

Untuk jalan cerita, jujur aja untuk bagian saat-saat Dania kehilangan suaminya karena kecelakaan itu sangat mengena sih, sedih banget pas baca bagian itu. Jadi ngebayangin gimana kalo saya yang ada di posisi Dania, ah pokoknya berhasil menyentuh hati

Berhubung temanya kopi, di dalam novel ini juga terdapat penjelasan mengenai berbagai macam kopi dan cara penyajian kopi, lumayan nambah pengetahuan tentang kopi. Selain itu ada juga informasi mengenai bisnis kafe

Berbicara soal kafe dalam novel ini tokoh Pram, pria dari masa lalu yang juga menaruh hati pada Dania memiliki sebuah kafe yang bernama Bookafeholic, sebagai penyuka kopi dan pencinta buku, saya malah beranda-andai kayaknya keren banget kalo deket saya ada kafe seperti milik Pram hehe... 

“..menurut temanku yang pernah ke sana karena harga menunya relatif miring untuk ukuran tempat se-cozy itu, sinyal hotspot-nya kencang, juga buku-buku yang dijual rata-rata buku baru dan bestseller. Yang nggak mampu beli, ada buku-buku yang bisa dibaca gratis, pesan secangkir kopi saja sudah boleh baca sampai puas.” (hlm. 108)
Dari segi konflik menurut saya datar aja sih, gak ada sesuatu yang wow. Satu-satunya konflik yang menonjol disini yaitu keennganan Dania membuka hatinya untuk laki-laki lain pasca kematian suaminya

Endingnya juga agak sedikit maksa, mungkin bukan maksa ya, qo rasanya tiba-tiba aja gitu Dania sudah mengambil keputusan padahal di bab sebelumnya masih enggan membuka hati, mungkin karena terbatasnya jumlah halaman kali ya.

Tapi untuk bacaan sehari-hari, novel ini lumayan lah dijadikan teman santai 
Juni 23, 2019

Agar Muslimah Selalu Tampil Wangi Tanpa Parfum

by , in

Postingan ini gak bermaksud untuk menyindir siapa pun ya, semoga bisa diambil kebaikannya

Jadi gini, saya memiliki seorang teman perempuan setau saya dia lumayan aktif dibeberapa kegiatan sosial, tapi ada hal yang mengganjal dari dia, dan ini kerap menjadi bahan pembicaraan kalau dia gak ada, yaitu BB alias bau badan. Memang kelihatannya sepele namun siapa sangka banyak orang yang terganggu gara-gara masalah ini

Saya dan teman-teman yang lain bukannya gak mau menegur, tapi ya itu tau sendiri kan ya masalah bb sangat-sangat sensitif, harus orang yang sudah benar-benar akrab supaya gak canggung. Alhamdulillah teman dekatnya bersedia menegur, dan kini masalah bb sudah lumayan berkurang

Jadi gaess, intinya kita jadi orang tuh gak bisa cuek seenaknya aja, apalagi kalo masalah bb, soalnya kan yang namanya di lingkungan kerja kita gak sendirian, ada hidung-hidung orang lain yang harus kita jaga penciumannya. Terlebih lagi sebagai perempuan berjilbab, duh jangan sampai deh malah jilbabnya disalahin, malu kan identitasnya muslimah tapi bau badan.

Lha tapi kan muslimah itu gak boleh pakai parfum. Siapa bilang kalau wangi itu harus selalu pakai parfum,

Dalam islam seorang muslimah dilarang memakai wewangian ketika keluar rumah. Atau yang lebih kita kenal dengan parfum. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW.

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ
“Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’ no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Nah ngeri kan ganjarannya jika kita melanggar larangan ini? Disamakan dengan pelacur loh!


Soo..ladies, cara-cara di bawah ini mungkin bisa menbantu supaya tetap tampil wangi tanpa parfum. Ini dia...

1. Pakai deodorant

Nah, siapa yang masih suka malas pakai deodorant? saya sendiri selalu jaga-jaga untuk mencegah bb datang yaitu dengan rutin memakai deodorant

2. Ganti baju bila sudah beraroma tidak enak

Jangan lupa untuk selalu mengganti baju, apalagi jika sudah seharian dipakai, terutama di wilayah yang memiliki cuaca panas. Kayaknya harus sering-sering ganti baju kalau udah keringetan banget. Soalnya keringat itu kan pemicu munculnya bakteri yang menyebabkan bau badan. So, jangan malas mengganti baju ya

3. Rajin mandi

Usahakan untuk selalu mandi seminimalnya 2 kali dalam sehari. 

Gimana, mudah banget kan caranya. Semoga ya jauh-jauh dari yang namanya bau badan :)
Juni 22, 2019

[Review Novel] Aroma Karsa by Dee Lestari

by , in
Dokumentasi Pribadi


Identitas Buku

Judul: Aroma Karsa
Penulis: Dee Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetakan: Pertama, Maret 2018
Tebal Buku: 710 halaman
ISBN: 978-602-291-463-1
Rating: 💓💓💓💓💓

BLURB

Dari sebuah lontar kuno, Raras Prayagung mengetahui bahwa Puspa Karsa yang dikenalnya sebagai dongeng, ternyata tanaman sungguhan yang tersembunyi di tempat rahasia.

Obsesi Raras memburu Puspa Karsa, bunga sakti yang konon mampu mengendalikan kehendak dan cuma bisa diidentifikasi melalui aroma, mempertemukannya dengan Jati Wesi.

Jati memiliki penciuman luar biasa. Di TPA Bantar Gebang, tempatnya tumbuh besar, ia dijuluki si Hidung Tikus. Dari berbagai pekerjaan yang dilakoninya untuk bertahan hidup, satu yang paling Jati banggakan, yakni meracik parfum.

Kemampuan Jati memikat Raras. Bukan hanya mempekerjakan Jati di perusahaannya, Raras ikut mengundang Jati masuk ke dalam kehidupan pribadinya. Bertemulah Jati dengan Tanaya Suma, anak tunggal Raras, yang memiliki kemampuan serupa dengannya.

Semakin jauh Jati terlibat dengan keluarga Prayagung dan Puspa Karsa, semakin banyak misteri yang ia temukan, tentang dirinya dan masa lalu yang tak pernah ia tahu.

SINOPSIS
Aroma karsa bercerita tentang perjalanan menemukan Puspa Karsa, sebuah tanaman yang konon mampu mengendalikan kehendak dan hanya bisa diidentifikasi melalui aroma. Berbekal sebuah lontar kuno yang diwariskan oleh almarhumah Janirah (sang nenek) Raras Prayagung terobsesi untuk mencari tanaman tersebut ke sebuah tempat rahasia. Sejak kecil Raras mengenal Puspa Karsa melalui dongeng-dongeng yang meluncur dari bibir Janirah. Raras mengira Puspa Karsa hanyalah sebuah dongeng sebelum tidur layaknya cerita Bawang Merah Bawang Putih. Suatu hari saat sang Nenek akan meninggal, Janirah justru mengungkapkan bahwa Puspa Karsa itu ada, dan ia meminta Raras untuk mencarinya

Obesi Raras menakdirkan dirinya bertemu dengan pemuda berusia 26 tahun, adalah Jati Wesi pria yang dijuluki sebagai si Hidung Tikus dari TPA Bantar Gebang. Jati merupakan seorang tukang kebun, pemulung sekaligus peracik parfum di toko parfum kecil bernama Attarwala yang terletak di Bekasi. Dia dijuluki si Hidung Tikus karena memiliki indra penciuman yang tajam, mampu mengendus di luar batas kemampuan manusia. Jati Wesi bahkan mampu mencium aroma boraks yang bagi orang normal tidak tercium. Jati tinggal dan besar di lingkungan TPA Bantar Gebang di bawah asuhan Nurdin, ayah angkatnya yang merupakan seorang mafia anak yatim piatu

Suatu hari Jati dan bosnya dari toko parfum ditangkap oleh polisi karena ketahuan menirukan formula dari parfum Puspa Ananta, yaitu merek parfum ternama dari sebuah perusahaan besar bernama Kemara yang ternyata adalah perusahaan milik Raras Prayagung. Jati yang merupakan peracik formula parfum tiruan Puspa Ananta diberikan hukuman penjara selama 5 tahun. Namun, Raras menawarkan kontrak kerja kepada Jati untuk bekerja di Kemara, sebagai ganti dari hukumannya. Jati menyanggupinya

Ia pamit ke semua kenalannya termasuk ayahnya yang sakit jiwa dan seorang narapidana bernama Anung. Berangkat ke Sentul dimana pabriknya berada bersama pengacara Raras dengan mobil mahal.

Berkat tawaran dari Raras Prayagung kehidupan Jati berubah drastis, dia tidak lagi tinggal di pemukiman karena Raras memastikan Jati harus tinggal di paviliunnya agar bisa bekerja di olfaktorium pribadinya untuk meracik parfum pesanan khusus. Disanalah ia bertemu dengan anak angkat Raras yaitu Tanaya Suma.

Suma merasa terancam dan merasa tersaingi dengan kehadiran Jati, karena Suma ternyata memiliki indra penciuman yang sama istimewanya dengan Jati. Sama seperti Raras, ia pun terobsesi untuk ikut dalam ekspedisi pencarian Puspa Karsa. Namun dengan hadirnya Jati dan dengan kemampuannya, ia merasa bahwa ibunya bukan sekedar mempekerjakan Jati sebagai peracik parfum. Melainkan untuk sebuah rencana yang lebih besar

Oke. cukup ya sinopsisnya, kalao kepanjangan takut spoiler wkwkwk

REVIEW

Selain Jati Wesi, Raras Prayagung, dan Tanaya Suma. masih banyak karakter dalam buku ini sebut saja Anung Linglung (ayah kandung Jati), Khalil Batarfi (boss Jati di Attarwala), Arya Jayadi(pacar Tanaya Suma),Nurdin Suroso, Ambrik, Jindra, dan lain-lain. Yang semuanya membekas dalam ingatan saya meski porsinya tidak sebanyak karakter utama

Penciuman adalah jendela pertama manusia mengenal dunia. (hal. 153)

Aroma Karsa merupakan novel kedua karya Dee lestari yang saya baca, novel pertama Dee yang saya baca adalah Perahu Kertas. Jujur aja karena saya bukan penggemar Dee, jadi untuk baca novelnya saya pilih-pilih. 

Tema dari novelnya sendiri terbilang unik, yaitu mengambil indra penciuman sebagai dasar cerita. Sebagai manusia normal saya hanya tau 2 bau yaitu bau yang enak dan bau yang gak enak hehehe. Tapi saat membaca novel ini seolah pembaca diajak untuk mengenali berbagai macam bau-bauan yang lain. Seenggaknya ini hal baru buat saya, salut banget buat mba Dee yang bisa menjabarkan itu semua dengan sangat detail

Karakternya kuat, walau di awal-awal bagian cerita terasa lambat dan cukup membosankan, tapi saat membaca lebih dalam ke inti cerita tambah bikin penasaran dan mengalir hingga tak sadar sampai ke halaman terakhir. Luar biasa

Banyak unsur yang digabungkan dalam novel ini yaitu dongeng/mitologi, petualangan, misteri, keluarga, persahabatan, dan tentu aja percintaan. Ajaibnya semua itu bisa terhubung satu sama lainnya lewat penggambaran aroma.

Berlebihan gak ya kalo saya bilang ini sih masterpiece, entah harus bilang apalagi untuk novel ini. Keliahatan banget kalo Dee Lestari melakukan riset yang gak main-main untuk Aroma Karsa

Bahasanya juga ringan, indah, dan mengalir meski di dalamnya banyak sekali pengetahuan baru tentang dunia aroma dan parfum.

Terus terang kalo ditanya apa kekurangan buku ini saya rasa satu-satunya adalah kurang mendalam pembahasan mengenai Puspa Karsa, padahal inti dari cerita buku ini adalah Puspa Karsa namun lebih banyak menyoroti kehidupan Jati Wesi, tapi bukan hal yang berarti karena kisah Jati Wesi sendiri pun sudah sangat menakjubkan 

Intinya saya suka ceritanya, berasa dapat hal yang baru. Ending dari novelnya juga tak terduga, saya sendiri cukup puas dengan endingnya. Bukunya rekomen banget buat kalian yang suka novel petualangan. Setelah ini kayaknya saya akan memasukkan nama Dee Lestari sebagai penulis favorit 😊

Juni 21, 2019

4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah, Karena Menikah Bukan Sekedar Baper

by , in

Para singelillah ngaku deh siapa yang masih sering baper kepingin nikah karena melihat betapa mesranya foto-foto pasangan halal yang bertebaran di sosmed, keknya kalau masih ada yang gitu sebelum menikah harus diperbaiki dulu niatnya. 😀

Niatkanlah menikah hanya karena Allah. Menikah itu untuk ibadah

Memahami pernikahan juga bukan sekedar bisa upload foto bersana pasangan halal di sosial media. Mungkin kamu gak akan pernah tau bahwa di balik foto-foto indah para pasangan halal tersimpan episode pertengkaran, perselisihan, perjuangan, air mata, kesedihan dan beratus episode lain yang menguras hati, yang tentunya gak sempat diabadikan dalam sebuah potret, udah gitu gak mungkin juga kan diumbar di sosial media

Mungkin ada baiknya sambil menanti jodoh, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan kira-kira ini:

1. Perbanyak ilmu

perbanyak ilmu tentang pernikahan juga ilmu parenting. Toh yang wajib belajar ilmu parenting bukan cuma yang udah jadi emak-emak macam saya gini, yang masih singelillah pun wajib, buat perbekalan nanti saat sudah berumah tangga dan memiliki anak. Sebab mendidik itu gak mendadak gaess, gak semudah bikin mie instan 😂

2. Persiapan mental

Selain ilmu tentang pernikahan dan parenting menurut saya yang harus dipersiapkan adalah mental, harus lebih sabar dan bijak terutama saat badai datang menyapa kehidupan rumah tangga, supayaa berbagai macam persoalan bisa diselesaikan dengan kepala dingin dan gak dikit-dikit ngeluhin masalah rumah tangga di sosmed. Apalagi ngeluh soal suami, duh jangan sampai ya. Jeleknya suami ya jeleknya kita juga.

3. Berlatih untuk selalu bersyukur

Kelak setelah menikah, kita akan membutuhkan rasa syukur yang lebih besar, terutama saat Allah tengah menguji dari segi harta. Entah itu kekurangan atau kelebihan, sungguh keduanya merupakan ujian. Bukan sekali aja saya melihat ada pasangan hidup yang begitu solid, menjalani suka duka bersama dan berlimpah rasa syukur meski keduanya kekurangan harta. Tapi keadaan berbalik justru saat keduanya diberikan kelebihan harta.

4. Memahami komunikasi dengan pasangan

Mungkin keliatannya sepele, sebagian juga mikir "lho masa iya sih kalo udah nikah masih susah buat menyampaikan sesuatu, ngomong ya tinggal ngomong doank apa susahnya" iya mungkin buat sebagian orang menyampaikan sesuatu terhadap pasangan bukanlah hal yang sulit tetapi bukan itu poinnya gaess, sete;ah menikah nanti tentunya kita gak lagi memikirkan diri sendiri, ada pasangan yang harus kita jaga juga perasaannya. Harus saling terbuka dengan segala sesuatu, terutama buat para istri yang suka banget main kode-kodean hehe, mau minta tolong suami buat bantu-bantu cuci piring gak perlu kan harus mainan kode 😆. Berkomunikasi dengan pasangan pun ada seninya, terutama jika kedudukan kita sebagai istri, jangan sampai berbicara dengan nada yang lebih tinggi apalagi saat sedang emosi, yah harus belajar terus intinya.

Jadi kepada singlelillah daripada ngebaper, galau, merana pengen nikah tapi jodoh belum kelihatan, ada baiknya mempersiapkan diri dan belajar lagi, saya pun meski sudah menjalani kehidupan rumah tangga masih perlu banget banyak belajar, karena menikah itu mudah, tapi mempertahankan pernikahan itu yang sulit. Butuh perjuangan keras dan melibatkan Allah

Yuk belajar sama-sama 😉

My Instagram