12 Kepuasan Batin yang Menjadi Alasan Untuk Menulis di Blog


Pernah dengar gak kalimat 'bahagia itu sederhana', pasti familiar banget kan, namanya wanita pasti punya cara untuk membahagiakan dirinya sendiri. Entah dengan ke salon untuk perawatan diri, shopping ke mall atau olshop, mencoba resep baru di dapur kesayangan dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua dilakukan semata-mata hanya untuk mendapatkan kepuasan batin. Iya donk wanita itu kan ibarat ratu di rumahnya maka batinnya harus selalu senang biar seisi rumah tenang 😀

Ngomongin tentang kepuasan batin, setiap orang khususnya wanita punya cara masing-masing untuk membahagiakan dirinya. Saya selalu berdoa agar segala hal yang saya lakukan untuk membahagiakan diri sendiri agar masih berada di jalur yang benar sehingga tidak sia-sia

Saya sendiri memilih menekuni blog sebagai jalan saya untuk mendapatkan kebahagiaan salah satunya untuk mendapatkan kepuasan batin. Kalau dilihat dari arsip tulisan di blog ini memang baru sekitar 4 bulanan saya aktif, padahal saya sudah punya blog sejak tahun 2009, hanya saja blog saya tersebut sudah tidak bisa saya akses lagi karena lupa email

Menurut saya ada sekitar 12 kepuasan batin yang menjadi alasan saya untuk tetap menulis di blog, ini dia...

1. Blog bisa menjadi sarana belajar. Melalui blog saya pelan-pelan belajar ilmu blogging. Bagaimana caranya supaya blog saya ini tetap bermanfaat bagi yang membaca. Selain itu saya sedikit-sedikit jadi tahu cara mendesain blog, cara membuat konten yang menarik dan sebagainya. Semua itu belum tentu saya dapatkan jika saya tidak menulis di blog

2. Blog sebagai sarana menambah teman. Selama ngeblog biasanya ada kegiatan blogwalking yaitu saat dimana kita mengunjungi blog orang lain. Nah dari blogwalking tersebut saya bisa berkenalan dengan sesama blogger, apalagi kalau dapat kenalan blogger yang punya kesamaan minat, bahagia banget deh 😊

3. Blog sebagai tempat curhat. Pasti udah pada tahu kan kalau wanita itu dalam sehari harus mengeluarkan 20 ribu kata, nah kadang-kadang saya mencurahkan isi hati saya melalui tulisan di blog. Oh iya curhatannya juga dipilih-pilih ya mana yang sekiranya bisa mendatangkan manfaat. Jadi buat kamu yang kepingin curhat tapi malu-malu buat curhat ke orang lain cobain aja deh curhat melalui tulisan, siapa tau bisa jadi buku. Udah banyak qo contohnya yang berawal dari curhatan terus dibuat jadi buku, ada Raditya Dika, Gita Savitri Devi dan masih banyak lagi

4. Blog sebagai sarana berbagi ilmu. Pernah dengar teman yang udah duluan ngeblog bilang "orang itu kalau pintar ya percuma kalau cuma dia sendiri yang bisa ngerasain manfaatnya, makanya alangkah baiknya jika menulis", lha saya yang gak pintar-pintar banget ini juga mau donk bermanfaat bagi orang lain, makanya saya niatkan menulis di blog sebagai ajang untuk berbagi ilmu saya yang tidak seberapa

5. Blog membuat saya terpacu untuk lebih banyak membaca buku. Ibarat teko kalau gak diisi ya gak bakal bisa kan mengisi cangkir yang kosong. Sama dengan otak kita gaess, ibaratnya otak kita itu teko kalo teko diisinya pakai air, nah kalau otak kita ya diisinya sama bacaan buku supaya kita bisa menuangkannya kembali menjadi tulisan, Kalau gak baca ya otak kita kosong, kalau otak kosong gimana mau nulis 😁

6. Blog tempat berekspresi sepuasnya melalui tulisan. Nulis di blog beda banget dengan ketika saya menulis di medsos lainnya contoh facebook, kalau di facebook saya masih jaim buat nulis banyak dan panjang lebar, tapi di blog saya merasa lebih bebas untuk berekspresi, mungkin kalau diibaratkan facebook itu seperti mall yang banyak pengunjungnya sedangkan blog seperti goa yang sepi hehe

7. Blog menambah kreatifitas. Bagi saya salah satu manfaat dari menulis di blog adalah menambah kreatifitas, baik kreatifitas dalam membuat konten blog agar terlihat menarik, atau kreatifitas untuk mengedit foto sebagai pelengkap postingan di blog

8. Blog menjadikan saya orang yang lebih peka. Serius deh kalau dulu setiap pergi ke suatu tempat saya cuek aja, sejak nulis di blog saya jadi memperhatikan kondisi sekitar, barangkali ada sesuatu hal yang menarik sebagai bahan tulisan. Contohnya ketika pergi ke tempat makan, kalau dulu ya hanya sekedar makan, selesai makan pulang tentunya setelah bayar ya hehe, sekarang kalau saya makan di luar pasti saya perhatiin dari mulai suasana tempat makannya, rasa masakannya, harganya, betul-betul harus detail 😂

9. Blog menjadikan diri saya lebih produktif. Biasanya saya mengisi waktu luang saya dengan bermain game, sejak membiasakan diri menulis, otomatis kegiatan saya untuk mengisi waktu luang pun tergantikan dengan menulis di  blog

10. Blog merupakan rekam jejak digital. Saya pernah punya blog di tahun 2009 saat masa-masa awal menjadi mahasiswa, beberapa tulisannya sudah saya pindahkan ke ms word, setelah saya baca ulang hampir tak percaya kalau saya dulu pernah menuliskannya di blog rasanya 'kok malu-maluin ya' haha

11. Blog membuat saya mengerti perjuangan blogger yang sudah terkenal. Mungkin sebagian orang termasuk saya ketika mengetahui bahwa dari ngeblog aja bisa dapetin duit, pikiran saya dulu 'enak yaaa kerjanya tinggal duduk, ngetik trus dapet duit' tapi setelah cobain ngeblog, ternyata tidak semudah itu ferguso 😂. Bikin satu postingan blog aja bisa berjam-jam, belum ngeditnya, belum lagi kalau ditengah-tengah proses menulis tiba-tiba ide macet haduh...blom lagi godaan gagdet, susyah lah penug perjuangan 😆, itu saya yang masih baru banget, setidaknya faham lah mereka yang udah terkenal dulunya berdrah-darah juga prosesnya hehe

12. Blog bisa menghasilkan uang. Mungkin ini adalah alasan terakhir ketika ditanya mengapa saya memilih untuk menulis di blog. Beberapa teman blogger saya sudah merasakannya. Kalau saya ada sih tujuan kesana, cuma entah kapan terwujudnya ya, yang penting sekarang saya sedang berlatih untuk konsisten menulis, pelan-pelan aja sayy...nikmati prosesnya 😊

Gimana, setelah baca 12 alasan saya adakah yang mau memulai juga menulis di blog? Yuk sama-sama kita menebar manfaat melalui tulisan 😊

Bekasi, 04 Februari 2019

10 Comments

  1. Betul banget untuk menulis satu postingan saja makan waktu berjam-jam, belum lagi tayangkan di blog. Harus edit di dasbor, tmbah foto, atur tata letak, dan hal lainnya. Lelah banget.
    Blog bukanlah suatu sarana yang bisa membuat seseorang beroleh sukses sekejap mata. Butuh perjuangan panjang yang melelahkan, ditambah godaan lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba setelah ngeblog sendiri, saya jadi faham bahwa untuk memposting sebuah artikel di blog ada proses yang lumayan melelahkan :)

      Hapus
  2. Sekarangpun saya baru mulai aktif lagi ngeblognya :D Tapi pelan2 saja, nikmati proses

    BalasHapus
  3. Blog memang asik! Untuk sisi penghasilan, selain lewat post berbayar, bisa cobain Adsense mbak! Sayangnya aku udah ngeblog dari 2012, tapi baru ngeh aktifin Adsense akhir 2018 hahaha :" Kalo dari dulu nyalain mungkin udah dapet banyak!

    Salam kenal ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah share donk mba ilmunya...masih belajar juga nih 😊

      Hapus
  4. yg nomor 12 sepertinya kita sama mba heheh. saya punya blog juga udah lama tapi sering mati suri..dan baru beberapa bulan ini juga aktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba semangat..kita buat rekam jejak digital 😊

      Hapus
  5. Blog itu tempat kenangan saya mba,klo saya kangen tinggal buka blog dan baca2 lagi 😭😭😭😭

    BalasHapus
  6. pengennn. ngeblog lebih rajiin tp kesibukan huft

    BalasHapus