Suka Baca Novel? Yuk Kenali Jenis-Jenis Genre Novel


Siapa yang suka baca novel? Apa sih novel, jangan-jangan selama ini baca aja tapi gak tau pengertian novel itu apa *kayak saya 😂
Saya termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang menyukai novel, kalau waktu luang saya lebih senang menghabiskan waktu untuk membaca daripada menonton. Sebagian besar koleksi buku bacaan saya juga didominasi oleh novel 😀, meski termasuk penggemar novel, saya juga pilih-pilih genre novel yang akan saya baca.


Apa itu Novel?

Novel termasuk dalam salah satu karya sastra, kata novel sendiri diambil dan diadaptasi dari bahasa Italia "Novella" yang memiliki arti: sebuah kisah.
Dalam KBBI novel adalah sebuah karangan prosa yang panjang dan mengandung rangkaian kehidupan seseorang serta menonjolkan watak dari setiap perilaku yang berperan. 
Sedangkan pengertian novel menurut Depdikbud yaitu karangan panjang yang berbentuk prosa dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang lain di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat dari pelaku

Cerita yang terdapat dalam novel biasanya diangkat dari kehidupan sehari-hari, novel lebih panjang dari cerpen (cerita pendek) biasanya sekitar 35.000 kata atau lebih

Jenis-jenis Genre Novel

1. Berdasarkan Kenyataan ceritanya


  • Novel Fiksi
Novel fiksi yaitu novel yang ditulis berdasarkan kejadian yang tidak pernah ada, novel genre ini murni khayalan. Contoh: Harry Potter (J.K Rowling)


  • Novel Nonfiksi
Novel nonfiksi yaitu novel yang ditulis berdasarkan kisah nyata, biasanya novel jenis ini ditulis berdasarkan kisah hidup seseorang. Contoh: Negeri 5 Menara (Ahmad Fuadi)


2. Berdasarkan Jenis Cerita


  • Sci-Fi
Sci-fi atau yang lebih familiar disebut science fiction, novel dengan genre ini biasanya kental dengan nuansa teknologi canggih yang belum tentu ada di dunia nyata. Contoh: Hujan (Tere Liye)


  • Humor
Sudah bisa dipastikan bahwa novel jenis ini penuh dengan cerita lucu yang bisa membuat kita tertawa sepanjang membacanya, maka tidak disarankan membaca genre novel jenis ini di tempat umum 😂. Contoh: Kambing Jantan (Raditya Dika)


  • Romance
Novel yang menceritakan tentang kasih dan sayang. Contoh: Ayat-ayat Cinta (Habiburrahman El Shirazy)


  • Horor
Novel jenis ini isinya penuh misteri, penuh kejutan yang membuat pembacanya merinding. Contoh: Danur (Rissa Saraswati)


  • Sejarah
Novel jenis ini bisa juga masuk dalam kategori nonfiksi, tapi kebanyakan tidak sepenuhnya nonfiksi. Tetap saja ada fiksinys sebagai 'bumbu' agar alur cerita tidak membosakan. Contoh: Api Tauhid (Habiburrahman El Shirazy)


3. Berdasarkan Isi dan Tokohnya


  • Teenlit
Novel jenis ini bercerita tentang kehidupan remaja, biasanya seputar kehidupan sekolah, percintaan atau persahabatan. Latar yang dipakai pun kebanyakan sekolah atau kampus. Contoh: Dealova (Dian Nuranindya)
  • Chicklit
Menurut en.wikipedia.org, istilah chicklit merupakan penggabungan dua yaitu kata chick, yang dalam bahasa Amerika berarti perempuan muda, dan lit, kependekan dari literature. Jika secara konotasi chicklit dikaitkan dengan sebuah merek permen karet yaitu Chiclets, sehingga terkesan bahwa genre buku ini mengambil tema seorang wanita dengan permasalahan dalam hidupnya. Contoh: Shopahiloc (Shopie Kinsela)
  • Metropop
Novel ini merupakan jenis novel yang menceritakan tentang kehidupan wanita perkantoran dengan berbagai permasalahannya. Latar tempat yang digunakan biasanya perkantoran. Contoh: Resign (Almira Bastari)
  • Songlit
Novel yang diangkat dari sebuah lagu. Contoh: Asal kaun Bahagia (Bernard Batubara)


Nah itulah jenis-jenis genre dalam novel, mana nih yang jadi favorit kamu?


33 Comments

  1. hlah, kupikir novel cuman ada fiksi dan nonfiksi doang. ternyata dijeber, masih ada lagi genre-genrenya :D thanks for sharing

    BalasHapus
  2. Hi, Mbak. Terima kasih informasinya. Sangat bermanfaat. Kalau sedang lowong, boleh mampir ke blogku, ya. Aku juga banyak membahas soal buku. Salam kenal. :)

    BalasHapus
  3. Aku suka novel. Suka semua2 genre, tergantung keadaan juga sih. Kalo sekarang lagi suka baca novel Thriller *eh kok malah curhat hihi. Btw nice artikel mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga baca semua genre mba selagi ceritanya menarik :)

      Hapus
  4. aaaa kalo diriku baca semua jenis novel tapi kalo baca novel latar belakang sejarah suka lama pahamnya ahahah
    kalo yg sampe ketagihan sih fantasi horror gitu vampire wolf dan kawan kawannya wkwkwk
    kemarenan baca metropop tapi kayak ftv hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba sama, kadang kalo baca novel sejarah sering saya skip pas bagian sejarahnya :D

      Hapus
  5. Berarti aku suka novel genre Nonfiksi/Sci-fi/Romance, hihi

    BalasHapus
  6. Woh.. Ya2...jadi novel itu bisa fiksi bisa juga non fiksi ya.. Mksh mb infonya, jd semakin paham jenis novel berikut pembagiannya...

    BalasHapus
  7. Saya juga suka baca novel dan baru tau kalo jenisnya banyak banget haha, kemarin sempet dapet giveaway dari kak suarcani novel purple prose ada tulisan metropop, aku kira awalnya metropop itu subpenerbit ternyata jenis cerita hahahaha, makasih mba artikel ini mencerahkan pemikiranku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru2 ini nih mba cobain baca metropop 😀

      Hapus
  8. Terimakasih mba telah membuat detail breakdown seperti ini. Kalo aku sekarang ini senang sama sci-fic mba

    BalasHapus
  9. waduh, saya tahunya fiksi dan nofiksi aja. Ternyata, banyak jenis dan penggolongannya, ya...

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum mbak Riska.
    Saya baru tau kalau ada jenis chicklit...
    Ternyata selama ini saya menikmati novel ada jenis jenisnya.. alhamAlhamdul dpt referensi untuk diajarkan ke anak anak.. mskih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam, Alhamdulillah mba kalo bermanfaat :)

      Hapus
  11. saya itu sempet bingung lho kalau baca genre novel chicklit. tapi sekarang udah paham, udah dijelasin sama mbak. makasi mbak :)

    BalasHapus
  12. Saya suka fiksi, non fiksi dan romance mba..
    Makasih penjelasannya ya mba.

    BalasHapus
  13. Yang saya baca sambil menunggu di samsat tadi berarti masuk kriteria fiksi, hehe, mencoba mengklasifikasi. Terima kasih, Mbak, jadi tahu nih, saya.

    BalasHapus
  14. Saya awalnya penyuka non fiksi. Saat mulai menyukai novel, saya pilih genre romance terutama romance religi. Hampir semua novel Kang Abik saya punya. Akhirnya pas nulis novel pertama, genre-nya juga itu :)

    Nah, kalo versi GPU, ada juga tuh genre Amore alias romance yg happy ending. Favorit saya Damar Hill.

    Trus akhirnya saya pengen juga lah memperbanyak genre. Sekarang nyoba baca yg genre komedi, hehe.
    Insya Allah pelan-pelan nyobain genre yg lain juga, di sela momong anak.

    BalasHapus
  15. Makasih mbak Riska infonya.. Saya Juga suka baca novel. Paling suka baca novel romance dan humor. Tapi akhir akhir ni suka novel non fiksi ttg pengembangan diri..

    BalasHapus
  16. Saya senang membaca novel non-fiksi yang berasal dari kisah nyata. Btw trims penjelasannya utk novel ya mbak

    BalasHapus
  17. sayasuka membaca novel romance, mbak ...

    BalasHapus
  18. Waww ternyata novel bnyk genre nya ya...mksh infonya bermnfaat.

    BalasHapus
  19. Baru tahu genre2 novel setelah baca postingan ini.. thanks fos sharingnya ya Mbak.

    Saya suka novel fiksi (karya2nya Tere Liye), novel genre metropop-Ika Natassa juga suka. Klu novel jenin non fiksi ini juga saya baru tahu lho🙊

    BalasHapus
  20. Paling demen sama novel sejarah, sambil sedikit-sedikit belajar sejarah meski ada beberapa kejadiannya yang fiktif. Makasih sharingnya mbaky

    BalasHapus
  21. Makasih, Mbak sharingnya. Sering baca novel tapi kadang nggak ngeh sama genre-nya apa aja..

    BalasHapus
  22. aku suka novel fiksi yang romance, bacanya ringan dan menyenangkan hehehe

    BalasHapus