3 Cara Mendapatkan Ide Untuk Menulis



Sebaik-baiknya guru adalah pengalaman, pepatah itu benar adanya. Maka kita dianjurkan untuk belajar dari pengalaman, baik pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain. Pengalaman pernah punya blog kemudian mati suri 😂membuat saya gak mau lagi terjadi pada blog saya ini. Lha...kok bisa blognya mati suri? Itu karena saya jarang update blog, alasannya ya karena gak ada ide, padahal terkadang ide itu harus dicari lho, gak ujug-ujug datang. Kayak jodoh 😁


Mencari ide itu gak sesusah mencari jarum dalam tumpukan jerami kok 😀, dulu kalau sudah macet gak ada ide ya udah saya biarkan aja blog berhari-hari tanpa update tulisan, lama-lama penuh sarang laba-laba saking jarang dikunjungi. Tapi karena sekarang saya udah mau serius nulis jadi saya paksakan aja untuk nulis walaupun terkadang susah banget. Meski hanya beberapa kata yang penting blog saya ini sering update, gak dibiarkan usang oleh waktu 😃


Biar Ide Gampang Dicari

Nah ngomongin soal ide yang sering macet, sebetulnya ada lho beberapa cara agar ide datang. Biasanya inilah beberapa hal yang sering saya lakukan diantaranya:

  • Membaca buku, tak bisa dipungkiri bahwa salah satu hal yang bisa membuat kita lancar menulis adalah aktifitas membaca. Jadi kalau saya kepingin nulis tapi ide gak ada ya saya harus membaca dulu. Karena dari membaca itulah ide sering muncul tiba-tiba. Dengan membaca juga bisa mendapatkan banyak wawasan. Biasanya orang suka menulis pasti dia pun suka membaca. Intinya dengan membaca buku bisa membuat kita banyak mendapatkan ide
  • Blogwalking, kalau menurut saya ini adalah cara terampuh untuk mendapatkan ide. Blogwalking biasa dilakukan oleh para blogger, termasuk saya yang blogger abal-abal pun sangat senang blogwalking. Biasanya ada beberapa pertimbangan ketika saya akan mengunjungi sebuah blog. Misalnya sebagai contoh karena saya sangat tertarik dengan buku, maka blog yang sering saya kunjungi yang banyak membahas tentang buku.
  • Menulis pengalaman pribadi, Banyak penulis profesional yang mengawali karirnya dengan menulis tentang kehidupan pribadinya. Mereka mengemas dengan baik pengalaman pribadi mereka sehingga orang yang membaca bisa mendapatkan motivasi atau minimal mendapatkan pelajaran. Begitupun saya, terkadang saat habis ide maka sering saya menulis pengalaman pribadi. Dengan harapan orang yang membaca bisa mendapatkan sesuatu dari yang saya tulis

Pada dasarnya menulis memang membutuhkan pikiran dan hati yang tenang, juga raga yang sehat hehe... pernah saya menulis dalam keadaan flu berat, hasilnya tulisan saya kurang maksimal 😊

Bekasi,
30 Januari 2019

4 Comments

  1. Hihihihi.. Istirahatkan badan jika sudah saatnya ya mbak. Jangan dipaksa juga. Hahhaa.. biar pekerjaan apapun jadi maksimal ❤️

    BalasHapus
  2. Kalau saya mencari ide selalu aktif di media sosial dan blogwalking mbak,

    BalasHapus
  3. Aku juga sering kehilangan ide dalam menulis, makanya bnyak draft yang hanya tersimpan di diaryku dan blum di publish..

    Begitulah kalo blog isinya hanya tulisan acak-acakan hehe..
    btw, nice sharing mba. tengkyu

    BalasHapus