Cara Merawat Koleksi Buku



Bismillah

Saya salah satu dari sekian banyak orang yang menjadikan buku sebagai koleksi, bukan hanya sekedar bacaan. Ada yang sama? Pastinya bete kan kalo liat buku-bukumu gak terawat, apalagi kalau ada halaman yang terlipat atau bahkan sobek. Belum lagi bintik² kuning yang menghiasi pinggiran buku karena lembap. Makanya jangan heran kalo kamu pinjam buku kemudian si empunya buku baweeelll banget, ibaratnya pegang bukunya dia tuh ada SOP nya 😂. Mereka gak lebay qo, begitulah kalo orang yang emang cinta banget sama buku. Ibaratnya buku itu pacar bagi mereka yang jomblo 😬
.
Merawat buku itu gampang-gampang susah sebetulnya, kuncinya harus telaten biar koleksi bukumu tetap mulus sepanjang hayat 😍. Berikut sedikit tips yang bisa dicoba agar bukumu awet gaess
.
📚Tips Merawat Koleksi Buku
  • Biasakan menyampul buku, biasanya saya menggunakan sampul plastik bening yang tebal. Terutama sebelum dipinjamkan ke orang lain ada baiknya supaya aman disampul dulu
  • Pastikan simpan buku di tempat yang kering. Pengalaman banget waktu belum punya lemari buku, saya simpan buku dalam kardus. Karena gak pernah dicek secara berkala pas mau dipindahkan udah ada bintik-bintik kuningnga gitu...karena lembab 😞
  • Bersihkan lemari buku secara berkala. Maksimal 2 minggu sekali supaya terbebas dari debu. Gak asik kan kalo kamu lagi baca buku favoritmu tanganmu gak nyaman karen permukaan bukunya berdebu. Apalagi kalo kamu alergi debu kayak saya, dpt bonus bersin-bersin deh 😷

Yap..itu sedikit tips dari saya, silahkan tambahkan tips ala manteman ya 😊

2 Comments

  1. Wah.. dulu saya suka baca buku. Semua buku cerita novel dan smua nya. Tapi saya tidak bisa merawat nya. Apalqgi jika audah di baca..

    BalasHapus
  2. Wah.. dulu saya suka baca buku. Semua buku cerita novel dan smua nya. Tapi saya tidak bisa merawat nya. Apalqgi jika audah di baca..

    BalasHapus