5 Aktifitas Kekinian yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit Ala Saya


Assalamualaikum Ramadhan....😍
Alhamdulillah puasa hari pertama, bersyukur banget masih diberi kesempatan bertemu kembali dengan bulan penuh keberkahan, semoga bisa maksimal dan lebih baik dari tahun kemarin. Aamiin

Membincang soal puasa pasti tak lepas dari yang namanya ngabuburit, pada tau kan apa itu ngabuburit? bhaiq kalo belum tau aku kasih tau ya, ngabuburit sendiri ternyata berasal dari bahasa sunda, menurut kbbi online ngabuburit mempunyai arti yaitu kegiatan mengisi waktu menjelang berbuka puasa di bulan Ramadhan


Ngabuburit masa lalu

Tadinya sebelum menikah dan punya anak, saya hobi banget setiap sore menjelang berbuka puasa keliling-keliling dibonceng motor buat cari camilan untuk buka puasa. Biasanya kalo udah begitu jadi lapar mata kan ya, segala macem dibeli mulai dari gorengan, lontong, kolak, asinan, es buah, es campur *duh maruk banget ya 😂padahal nih ya pas udah waktunya berbuka, cuma minum segelas es teh aja udah berasa kenyang, mubadzir deh yang udah dibeli gak dimakan. Pokoknya udah buang waktu karena di jalan kan pasti macet kalo sore menjelang berbuka, terus buang uang juga karena kalap beli makanan yang belum tentu juga dimakan semua, akhirnya saya pun insyaf. Kepinginnya Ramadhan itu ya bukan banyakin jajan tapi banyakin sedekah 😭

Ngabuburit masa kini

Pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik, nah saya belajar donk dari pengalaman yang udah-udah, ngerasain kalo ngabuburit cuma dipake keliling-keliling malah gak dapat apa-apa, cuma bikin boros aja, kantong jebol deh. Masa belum idul fitri, dompet udah suci duluan wkwkwk...

Makanya di Ramadhan kali ini saya udah merencanakan kira-kira mau ngapain aja saat ngabuburit biar gak bosen dan tentunya tetap kekinian dan bermanfaat donk. Nah kira-kira inilah 5 aktifitas yang akan saya lakukan saat ngabuburit

1. Tilawah

Ciee, biar dibilang sholehah ya? gak juga qo, masing-masing kita pasti kan udah punya target ya bulan Ramadhan kali ini mau khatam berapa kali, masa iya novel tebal aja bisa khatam tapi Al quran gak sekalipun, sedih akutuh. Makanya udah punya target pokoknya Ramadhan tahun ini harus bisa khatam Al quran meski pun cuma sekali. 

2. Baca Buku

Sebetulnya mainstream banget sih tapi yang istimewa aku khususkan di Ramadhan ini bacanya bukan novel seperti biasanya, tapi harus buku-buku bertema agama, minimal bukan novel deh hehe

3. Menulis

Nah gak ada salahnya lho ngabuburit diisi dengan kegiatan menulis, selain bermanfaat bisa juga melatih kemampuan menulis. Menulis apa aja, mau menu berbuka atau sahur, curhatan kek. Bebas lah pokoknya😊

4. Nonton Konten Berfaedah di Youtube

Kalau mau agak nyantai bisa nonton bisa dijadikan alternatif nih, tahun lalu di youtube itu banyak banget film pendek bernuansa Islami,durasinya sekitar 15 menitan aja, jadi gak ngabisin waktu dan kuota hehe... Meski film pendek tapi kita bisa ambil pelajaran dari tontonan tersebut. Tapi aku lupa channel youtube nya apa 😪

5. Olahraga

Saya belum pernah sih cobain olahraga saat puasa, tapi kemarin itu instruktur senam saya bilang kalo saat puasa pun tetap ada yang senam, wah saya pikir keren banget puasa-puasa senam. Nah buat teman-teman boleh nih dicoba, pilih aja olahraga yang ringan-ringan 😊

Kira-kira itulah aktifitas yang akan saya lakukan saat ngabuburit, ada yang mau menambahkan?

#BPN30daysramadhanchallenge

Bekasi, 06 Mei 2019
Riska Nuraini
*
FB: Riska Naura Aini
IG: @_riskanaura
Twitter: @riskanaura90

11 Comments

  1. Wah sama, saya juga belum pernah nyobain senam pas jam ngabuburit. Tau istilah ngabuburit juga pas udah kerja. Hahaha ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba cobain hihi, saya juga baru pengen cobain nih

      Hapus
  2. Kalau aku, pasti ada acara main sama anak saat ngabuburit. Hihihi. Lha wong ke manapun anak-anak selalu nginthil ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... Seru mba Ngabuburit bareng anak 😊

      Hapus
  3. Aku belum pernah olahraga sepanjang puasa. Paling kalau pagi doang jalan jalan ke stasiun 😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba...makanya tahun ini mau cobain ah hehe

      Hapus
  4. Saya ikutan yang hatam Al Quran aja deh.

    BalasHapus
  5. Saya skip yang olahraga....hahahah sebelum puasa aja males banget suruh olahraga. Mending disuruh baca puisi mbak....

    BalasHapus
  6. Aku biasanya bersih-bersih kosan :D Ga kerasa udah mau buka aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sangat berfaedah mba, pas buka kosan udah bersih :)

      Hapus
  7. Wah postif sekali ya mbak, iya kalo saya paling nnton acara tilawah di hp atau di tv ...

    BalasHapus