Hikmah Dari 'Work from Home' Akibat Wabah Pandemi Covid 19

Sudah satu pekan lebih sekolah diliburkan karena wabah virus Corona atau biasa disebut Covid 19, sebagai guru saya pun secara otomatis merasakan juga yang namanya work from home atau bekerja dari rumah, pembelajaran anak murid juga diberlakukan secara daring. Ya namanya juga bukan liburan kan, jadi meski di rumah tetap aja kudu ngecek tugas anak-anak via ponsel pintar. Nah gak lama sejak diberlakukannya pembelajaran secara daring, di media sosial rame emak-emak yang kewalahan alias jadi ikutan repot gegara anaknya dikasih tugas yang numpuk dari sekolahnya. Maklum mendekati ujian jadi kayaknya banyak guru yang masih ngejar materi. Di tempat saya ngajar pembelajaran diberlakukan jadwal normal meski jarak jauh. Jadi kalo misalnya dalam sehari ada lima mata pelajaran artinya murid juga menerima sebanyak lima tugas yang harus dituntaskan pada hari itu. 


Nah mamak-mamak yang pada ngeluh kewalahan itu biasanya karena pemberian tugas dilakukan melalui ponsel, dimana gak semua anak kan udah punya ponsel sendiri, ditambah lagi ada beberapa tugas yang emang mesti online untuk pengerjaannya contohnya lewat google classroom atau yang lainnya. Nah kondisi ini lumayan merepotkan bagi mamak-mamak yang kesehariannya mungkin jarang banget bersentuhan sama hal-hal yang kayak gitu.


Sebagai orang tua yang juga memiliki anak usia TK A, saya juga ngerasain donk gimana anak saya dapet tugas dari sekolahnya, tapi Alhamdulillah sejauh ini tugas yang diberikan masih wajar untuk usia anak TK. 

Selain keluhan mamak-mamak tentang tugas anaknya yang segambreng, banyak juga tuh meme-meme atau candaan yang bertebaran sejak diberlakukannya work from home. Contohnya mamak berubah jadi singa selama seharian, masuk dapur jam 09.00 keluar-keluar udah malem aja, juga keluhan-keluhan masak jadi lebih boros dan kudu sedia stock camilan terus di rumah 😀
Belum lagi keluhan-keluhan karena rasa bosan yang mendera akibat gak boleh kemana-mana

Semuanya betul banget qo, soalnya beberapa kondisi juga saya rasakan. Salah satunya masak nasi jadi harus lebih banyak yang secara otomatis beras pun harus sedia lebih banyak dari biasanya hehe...

Tapi daripada kita mengeluhkan hal-hal yang memang sudah harus kita jalani karena situasi dan kondisi, saya sendiri lebih memilih untuk mensyukuri kondisi yang ada, nah ada beberapa hikmah sih kalo yang saya rasakan sejak diberlakukannya work from home

Hikmah yang saya rasakan adalah...
  1. Menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak. Sebagai ibu bekerja yang baru ada di rumah jam 5 sore, tentu dengan adanya kebijakan ini saya jadi punya waktu lebih banyak dengan anak saya. Alhamdulillah 😇
  2. Lebih banyak untuk muhasabah diri. Ini juga sih yang sering saya lakukan. Jujur aja ada rasa takut juga karena wabah pandemi ini. Makanya selama di rumah saya banyak merenung, muhasabah, juga banyak berdoa semoga wabah ini segera berlalu. Aamiin
  3. Cucian lebih terasa ringan. Kedengarannya sepele ya xixixi, tapi beneran lho cucian itu yang kalo hari kerja lebih berasa banyak karena plus seragam sekolah anakku dan seragam kerja. Nah selama di rumah aja kan cuma pakaian sehari-hari aja


Nah mungkin itu sebagian kecil aja hikmah yang saya rasakan. Semoga bagaimana pun keadaan yang kita hadapi, kita mampu melihat dari sudut pandang yang positif serta mensyukuri hal-hal kecil di sekeliling kita 😊

0 Comments