Pengalaman Melahirkan Anak Pertama


Alhamdulillah Allah memberikan kesempatan dalam hidup saya untuk merasakan nikmatnya menjadi seorang Ibu, meski sudah 5 tahun berlalu namun saya ingin menuliskannya, semata-mata ingin berbagi 😊

5 tahun lalu tepatnya bulan Oktober di tahun 2014. Gak terasa akhirnya perjalanan kehamilan saya memasuki bulan ke 9, udah dag dig dug banget karena HPL (Hari perkiraan lahir) untuk kehamilan saya jatuh pada tanggal 21 Oktober 2014. Masih jauh sih emang, tapi udah grogi aja, maklum lah anak pertama jadi belum ada pengalaman apa-apa 😀

Rasa grogi semakin bertambah saat mengetahui teman saya yang juga lagi hamil dan HPL nya cuma beda sehari (saya tanggal 20 sedangkan teman saya tanggal 19) tau-tau sudah melahirkan, yang saya inget waktu itu bertepatan sama Iduladha. Persiapan juga belum semuanya kebeli, apalagi barang-barang yang harus dipacking saat mau melahirkan seperti baju ganti, pembalut, sarung, dan teman-temannya belum sama sekali saya siapkan. Superrr nyantai 😁


Memasuki bulan kelahiran, saya memang memutuskan untuk tetap bekerja (ngajar), karena pikir saya supaya banyak gerak. Nah akhirnya daripada cemas memikirkan kapan saya lahiran padahal teman saya yang HPL gak beda jauh sama saya aja udah melahirkan, saya putuskan untuk lebih sering jalan kaki, seperti pagi itu tanggal 5 Oktober 2014 saya ajak suami untuk jalan santai di lapangan padahal saya paling males sama olahraga hihi, lumayan lah dapat beberapa putaran trus saya ngajak pulang, di rumah pun saya lanjut sama aktifitas ngepel jongkok, terniat biar debay cepet turun ke panggul 😂 

Pas malam harinya sekitar jam 22.00 saya merasakan sakit di perut bagian bawah, sakitnya mirip-mirip lagi nyeri haid, saya pikir "duh kenapa ini kayak nyeri haid kan saya lagi hamil", saya ngomong ke suami saya, trus dijawab "jangan-jangan udah mau lahiran". Setelah itu orang serumah pada gak tidur, karena takut saya lahirannya tengah malam, bikin panik aja ya saya bisanya😆. Langsung donk saya hubungi bidan tempat saya periksa, dan ternyata bidan saya masih di kampung halamannya, di Subang Jawa Barat. Cuma bisa berdoa semoga besoknya udah sampe lagi di Bekasi, gak kebayang kalo harus ganti bidan saat itu.

Intinya semalaman saya gak bisa tidur, tapi saya gak ngerti yang saya rasakan kontraksi apa bukan, beneran deh kehamilan pertama saya minim banget informasi. Paginya tanggal 6 Oktober saya paksa untuk jalan ke kamar mandi sambil sesekali mules datang, pokoknya tiap mules datang saya maunya duduk udah gak kuat jalan, tapi saya paksa untuk mandi dan sholat subuh. Habis sholat subuh saya tiduran lagi sambil ngerasain mules yang udah lumayan sering, kira-kira 10 menit sekali. Di rumah cuma ada saya dan suami, karena orang tua saya pergi beli perlengkapan buat saya melahirkan.

Akhirnya sekitar jam 09.00 saya minta suami untuk bawa saya ke bidan, pokoknya tetangga aja pada gak tau kalau saya udah mau lahiran, orang saya gak bawa apa-apa, cuma bawa badan doank 😄, untungnya jarak dari rumah ke bidan dekat banget, cuma 5 menit naik motor

Alhamdulillah sesampainya di bidan, ternyata bu bidannya udah sampai, langsung deh saya diminta untuk berbaring. Dan di sinilah drama dimulai gaess, saat diminta untuk ngangkang (you know lah ya, gimana rasanya ngangkang 😂) mau periksa dalam alias periksa pembukaan, duh kalo ngebayangin lagi periksa dalam masih ngilu wkwkwk... sempat gak mau ngangkang saya tuh, bukannya malu, tapi ya itu dia saya geli aja ngebayangin bagian yang paling privasi bagi saya akan 
'diobok-obok'😆, akhirnya selesai lah periksa pembukaan dengan segala dramanya, pas dicek ternyata saya udah pembukaan 6, waktu itu jam udah meunjukkan pukul 09.30. Akhirnya saya disuruh nunggu sama bidannya, dan dibilang kalau saya gak boleh mengejan (ya bayangin aja deh, udah mulesnya kayak apa tapi gak boleh mengejan, duh banyak-banyak berbakti ya ama emak, jangan ngelawan). Selagi saya nunggu pembukaan lengkap suami ngebujuk saya buat makan, duh gimana mau makan, udah kesakitan mules waktu itu. Cuma saya mikir kalo saya gak paksain diri buat makan, gimana saya ada tenaga untuk ngeluarin bayik, ya udah akhirnya saya nurut untuk disuapin makan walau cuma berasa suap

Pukul 12.30 mules saya semakin gak karuan, akhirnya saya minta panggilkan bidan lagi, pas dicek ternyata pembukaan udah lengkap. Perjuangan pun dimulai, saya bersiap mengejan, sempat salah lagi ngejannya, Alhamdulillah bidannya super sabar banget ngarahin saya, udah berapa kali mengejan bayinya belum juga keluar sampai akhirnya mules yang saya rasakan hilang sama sekali, dan bidannya menyarankan jangan mengejan saat gak mules karena bahaya. Lumayan lama saya mengejan trus mulesnya hilang lagi, begituuu terus sampai saya kelelahan dan hampir putus asa, karena saat itu sudah pukul 14.00 artinya sudah satu jam setengah dari pembukaan lengkap, tenaga saya udah hampir habis, udah dipasang oksigen, infus, sampe dikasih suntikan di paha kanan dan kiri (saya gak tau itu suntikan apa, mungkin induksi), sampai akhirnya saya bilang ke bidannya "teh aku nyerah, udah bawa aja ke rumah sakit buat operasi" dan bidannya malah marah karena kondisiku masih mungkin banget buat lahiran normal

Akhirnya aku kembali berjuang, sampai bu bidannya memanggil temannya yang juga bidan untuk membantu proses persalianan saya dengan cara mendorong bagian perut. Dan masih gak ada kemajuan, mulesnya hilang muncul terus. Oiya selama proses persalinan bidan melakukan episiotomi (pengguntingan perineum untuk memperluas jalan lahir). Bidan juga selalu mengingatkan saya agar tidak mengangkat bokong karena bisa menyebabkan kerobekan dimana-mana. Kemudian dicek detak jantung bayi, ternyata udah lemah. Akhirnya bidan memberikan saya instruksi "pokoknya mules gak mules ngejan aja ya, bismillah" akhirnya dengan kekuatan bulan dan sisa-sisa tenaga saya mengejan dengan sekuat-kuatnya, Alhamdulillah tepat pukul 15.00 saat adzan ashar lahirlah bayi cantikku ke dunia. Setelah bayi berhasil dikeluarkan tibalah proses jahit, bagi saya proses dijahit gak seberapa sakitnya dibandingkan sakit saat kontraksi

Jadi dari pengalaman saya melahirkan, poin-poin yang bisa saya sampaikan adalah:
1. Hadapi persalinan dengan rileks, jangan panik kayak saya ya hehe
2. Mencicil segala perlengkapan persalinan, maksudnya barang yang harus dibawa saat bersalin (biasanya bidan akan kasih tau qo apa aja yang harus disiapkan)
3. Mencari informasi tentang kehamilan dari sumber yang terpercaya
4. Mengejan seperti saat BAB, mengejanlah saat ada kontraksi
5. Tidak perlu berteriak-teriak karena bisa membuang tenaga
6. Paksakan untuk cukup makan sebelum proses melahirkan
7. Jangan mengangkat bokong
8. Perbanyak berdzikir

Semoga bermanfaat 

0 Comments