Cerita Kehamilanku: Gak Sadar Kalo Udah Hamil

gambar dari: pinterest


Tahun 2019 lalu, tepatnya saat bulan Juni, akhirnya saya memutuskan untuk berhenti meminum pil kontrasepsi. Bukan tanpa alasan mengingat anak kedua saya usianya sudah genap 5 tahun, kayaknya udah pas nih kalo pun dikasih adik. Selain itu saya khawatir juga kan kalo terlalu lama minum pil kontrasepsi akan menimbulkan efek yang gak bagus buat kesehatan rahim.

Sama seperti kehamilan pertama dulu, hamil kali ini pun tanpa rencana. Istilahnya go with the flow aja, kalau pun setelah lepas kontrasepsi langsung dikasih hamil lagi Alhamdulillah kalau pun gak yo wis rapopo, nyantai aja. 😀

Meski tanpa rencana dan memegang prinsip 'sedikasihnya' aja sama Allah tapi saya dag dig dug juga tiap tanggal datang bulan, pasalnya kalau hati kecilku ditanya #ciee, belum kepingin banget untuk hamil (lagi), tapi disisi lain mengingat usia udah mulai memasuki kepala 3 ya pengen juga sih #labil amat ya hehe..


Empat bulan sejak lepas kontrasepsi saya lalui dengan perasaan was was, jadi ingat guyonan seorang teman "ya udah sih hamil juga gak apa-apa, ada suaminya ini" 😂 wkwkwk, emang sesederhana itu harusnya, saya aja yang rumit xixixi... Intinya selama 4 bulan itu setiap tamu bulanan datang, saya selalu bernafas lega sekaligus ada rasa kecewa dalam hati "oh kalo masih datang bulan, berarti Allah belum percaya lagi nih" ya harap maklum ya dengan kelabilan saya ini

Tepat bulan kelima sejak lepas kontrasepsi, atau waktu itu bulan November, "tamu" yang dinanti-nanti tak kunjung datang, tapi masih berusaha untuk tenang saat itu soalnya saya emang biasa tanggalnya maju mundur cantik gitu 😀. Akhirnya mendekati bulan November tambah galau lah saya. Beberapa teman menyarankan untuk testpack aja supaya jelas hasilnya. Tapi saya menolak dengan dalih biasanya kalo seseorang udah tau dia hamil langsung mual-mual parah hehe...

Desember pun datang, dan saya masih keukeuh bertahan untuk gak cek menggunakan testpack sampai liburan semester  tiba, kegalauan saya lumayan tertutupi sih dengan banyaknya pekerjaan saat itu. Jujur aja gak ngerasain perubahan apa-apa dalam diri saya, meski beberapa orang terdekat mengatakan saya lebih sensitif saat itu. Tapi ada persamaan yang saya rasakan persis seperti kehamilan pertama dulu yaitu: tiba-tiba jadi gak doyan nasi karena mual aja liat nasi 😁. Cuma, karena pikiran saya masih menolak untuk hamil jadi saya masih berpikir paling masuk angin aja atau lagi gak enak badan karena kecapekan

Sampai akhirnya mual yang saya rasakan semakin menjadi, meski dia kadang datang, kadang pergi gitu aja 😀. Inget banget waktu itu yang paling pengen saya makan adalah batagor yang ada timunnya hehe.. Pada akhirnya saya beranikan diri untuk testpack sebelum periksa ke bidan. 

Sekitar akhir Desember pagi hari saya pun akhirnya mengetahui kalau saya memang positif hamil, tentunya dari hasil testpack yang saya lakukan secara mandiri. Lalu, bagaimana perasaan saya? campur aduk deh pokoknya senangnya ada, degdegan ada, wis pokoknya kayak rujak deh hehe, kalo suami sih jangan ditanya, seneng banget dia pas tau saya hamil lagi

Sorenya dengan diantar suami saya pun periksa ke bidan untuk memastikan usia kandungan saya. Alhamdulillah bidan menyatakan kandungan saya sehat dan usianya sudah 10 minggu, wah ternyata saya gak sadar selama 10 minggu ke belakang bahwa di dalam perut saya sudah ada "makhluk kecil" meski belum sempurna bentuknya.

Seenggaknya saya jadi sadar, dengan memeriksakan kehamilan ke bidan atau spesialis obgyn kita jadi tahu perkembangan janin kita, terutama di 3 bulan awal dimana janin sangat membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Jadi segala macam mual, lelah, letih, dan lesu yang dirasa terutama saat trimester pertama ya dinikmati aja

Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang akan kau dustakan?

0 Comments