Tips Agar Konsisten Membaca Satu Minggu Satu Buku


Bismillah...

Seperti yang sudah pernah saya posting disini, bahwa pada akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti sebuah komunitas yang mengajak para anggotanya untuk konsisten membaca satu minggu satu buku. Nah ini sudah memasuki bulan kedua, Alhamdulillah sejauh ini masih lancar-lancar aja tidak ada hambatan yang berarti šŸ˜€

Tapi namanya rasa malas pasti selalu datang menghampiri, apalagi kalau raga sudah lelah godaan banget deh buat ninggalin aktivitas membaca. Makanya saya selalu ingat tujuan awal saya ikut gerakan OWOB (One Week One Book) yaitu agar saya bisa konsisten membaca.


Ini adalah cara saya agar bisa konsisten membaca satu minggu satu buku...

1. Memaksa diri untuk membaca setiap harinya minimal 15 menit
Jujur kalau sudah malas, sulit banget mau membaca meski hanya satu halaman. Tapi sekalinya niat bisa berjam-jam hehe... saya sendiri sebisa mungkin memaksakan diri saya untuk membaca minimal 15 menit. Hal ini saya lakukan jika sudah kelelahan bekerja. Setidaknya meski hanya 15 menit saya tetap membaca


2. Memilih buku yang menarik
Ini penting banget menurut saya, karena kalau kita salah pilih buku dan sudah terlanjur membaca maka mau tidak mau harus baca sampai akhir. Makanya saya selalu pertimbangkan untuk memilih buku sebelum memulai membaca. Biasanya saya membaca reviewnya di situs-situs penyedia review buku


3. Membaca bergantian antara genre fiksi dan nonfiksi
Hal ini tidak mutlak sih, tergantung pribadi masing-masing. Jujur kalau saya lebih suka fiksi. Tapi biar gak mudah bosan, saya selang-seling aja bacanya. Misal kalau minggu ini sudah baca fiksi berarti minggu berikutnya nonfiksi atau bisa dua minggu sekali.

Nah biasanya itu aja sih yang saya lakukan supaya konsisten membaca satu buku satu minggu, ada yang mau menambahkan? šŸ˜Š

0 Comments