Ikut Gerakan One Week One Book: Upaya Menantang Konsistensi Membaca


Bismillah...

Akhirnya, setelah menimbang cukup lama saya pun memutuskan untuk ikut gerakan One Week One Book (OWOB). Apa itu OWOB?

Apa itu One Week One Book?

Jadi sesuai dengan namanya, gerakan ini mengajak para anggotanya untuk konsisten membaca 1 buku per minggu, setelah selesai membaca wajib untuk menuliskan kesan atau reviewnya di platform Instagram. Menarik banget kan?


Alasan Ikut Gerakan OWOB

1. Butuh Suntikan Semangat Untuk Membaca
Butuh perenungan yang cukup dalam ya untuk saya pribadi sebelum memutuskan ikut OWOB, bukannya lebay tapi saya sadar diri aja daripada nanti udah terlanjur ikutan kemudian gak bisa konsisten kan lebih baik pikirkan matang-matang dulu.

Nah setelah saya evaluasi diri saya yang belakangan ini sangat menurun minat bacanya karena kesibukan dan karena keseringan stalking instagram lambe turah ðŸ˜‚ . Kalau dulu-dulu saya bisa menamatkan 1 buku dalam waktu 3-4 hari saja, eh sekarang saya malah butuh waktu hampir 2 minggu untuk menamatkan 1 buku. Malah kadang-kadang lebih lama lagi 😩

dan setelah dipikir-pikir untuk membangun sebuah konsisten membaca layaknya konsistensi menulis maka saya perlu tantangan, iya karena saya suka tantangan ðŸ˜Ž . Hal tersebutlah yang akhirnya membuat saya mantap untuk ikut OWOB. Doakan yaa semoga bisa konsisten 

2. Sadar Diri Bahwa Membaca itu Suatu Kebutuhan
Bagi saya belajar yang paling murah meriah itu ya dengan membaca, apalagi hobi saya adalah menulis, kalau saya gak banyak baca terus apa donk yang mau saya tulis. Apalagi saya termasuk orang yang rajin membeli buku, jadi sayang banget kan kalau buku yang udah dibeli tapi malah ketimbun gitu aja karena bacanya males 

3. Membantu Diri Sendiri Agar Konsisten Menulis Setelah Membaca
Selain meningkatkan minat baca, saya pun mempunyai komitmen untuk menuliskan apa yang telah saya baca. Jadi dengan ikut gerakan OWOB saya berharap bisa konsisten untuk menulis

Cara Ikut OWOB

RULES TERBARU untuk berpartisipasi dalam Komunitas Gerakan One Week One Book.
HARAP DI BACA dengan CERMAT dan TELITI, apabila semua persyaratan terpenuhi maka postingan kamu akan di repost di akun ini.
1. Program One Week One Book ini sudah dimulai sejak bulan Pebruari 2018.
2. Jika kamu tertarik ikut nyatakan komitmenmu dengan meREPOST postingan ini di akun instagrammu, jangan lupa tag dan mention @gerakan_1week1book (karena akan di data sebagai Anggota Komunitas ini) dan ajak teman-teman untuk ikut bergabung, ya.
3. Follow akun @gerakan_1week1book
4. Posting buku yang selesai kamu baca dalam 1 pekan, catat sendiri kapan memulainya dan kapan menyelesaikannya. Latih kejujuran diri ya.
5. Tulis kesanmu akan buku itu. Tulisan lepas, bebas. Tuliskan saja inspirasi yang kamu dapat setelah membaca buku itu. Tidak ada batasan, benar-benar terserah. Jika sulit menulis kesan kamu boleh menulis quote favoritmu.
6. Kamu bebas membaca buku apapun, tak ada batasan. (boleh dari ebook, buku online misal wattpad).
7. Jika kamu membaca ebook tulis sumber ebook tersebut (DILARANG KERAS MEMBACA EBOOK ILEGAL).
8. Jangan lupa setiap postingan sertakan #oneweekonebook @gerakan_1week1book dan TAG serta Mention akun ini ya karena admin akan merepost, jika tidak di tag ditakutkan postingan kamu akan tenggelam dan tidak bisa diposting.
9. Mohon akun tidak di privat ya, karena jika di privat maka postingan tidak bisa di repost.
10. Jangan lupa berkomitmen pada diri sendiri untuk membaca 1 minggu 1 buku, ya. Budayakan membaca pada diri sendiri dulu baru orang lain.
Nah kalau masih kurang jelas yuk kepoin aja akun instagramnya https://www.instagram.com/gerakan_1week1book/

0 Comments