Review Novel: Carmine (Urban Thriller)


Identitas Buku
Judul: Carmine
Penulis: Ruwi Meita
Penerbit: Noura Publishing
Cetakan ke: 1, Desember 2018
ISBN: 978-602-385-380-9

Blurb

"Datanglah Carmine, Jemput anak-anakmu."

Anak-anaknya dalam bahaya. Dia harus bergegas, sebelum wanita itu menidurkan mereka.

"Aku akan menolongmu Carmine. Aku akan memperbaikimu."


Sinopsis

Carmine adalah seorang wanita mantan bintang iklan yang sejak menikah dengan seorang pengusaha bernama Ruddy, kerap menghabiskan waktunya sebagai ibu rumah tangga dengan 4 anak yang masih kecil dan tanpa asisten rumah tangga. Keadaan yang jauh berbeda dari masa gemerlapnya di panggung hiburan nyaris membuat carmine stress, ditambah lagi Ruddy sang suami yang sering membandingkannya dengan Ibunya (mertua Carmine). Apalagi Ruddy sama sekali tidak pernah peduli akan kerepotan Carmine mengurus 4 anak dan pekerjaan rumah seorang diri, yang dia pedulikan hanyalah memiliki banyak anak agar bisa memenuhi harapan Ibunya.

Tak disangka dalam kondisi Carmine yang sedang dalam masa kesulitan, hadirlah sosok wanita misterius yang berniat untuk menolongnya. Lalu siapa wanita tersebut? Bagaimana nasib Carmine setelah mengenal wanita tersebut? 

Review Novel Carmine

Bagi pencinta novel tentu tak asing dengan nama Ruwi Meita, seorang penulis novel spesialis genre horor atau thriller, maka saat liat ulasannya di sebuah website langsung donk tertarik banget buat beli. Alhamdulillah dapet di toko buku dekat rumah 😊

Butuh waktu 4 hari untuk menamatkan novel ini, maklum emak-emak nyambi ngajar jadi baca diwaktu-waktu luang aja hehe... terus gimana kesan-kesannya setelah baca novel ini? Satu kata sih ya K E R E N. Emang saya gak pernah ragu sih sama karya Mba Ruwi Meita. Sepanjang baca novel ini saya bertanya-tanya dalam hati ntar endingnya gimana ya, bab selanjutnya tokoh utamanya gimana ya..pokoknya kalo gak ingat kerjaan rumah pengennya langsung habis baca novel ini

Selain ide cerita, yang PALING saya suka dari novel ini adalah alurnya yang maju mundur syantik 😂 mantap banget deh, adegan pembuka novel yaitu ditemukannya tokoh utama dalam kondisi tak sadarkan diri dengan luka pukulan botol di bagian kepala. Nah dari situ cerita dibuat dengan alur mundur ke bagian awal-awal dimana menjadi penyebab peristiwa tersebut terjadi, tapi sesekali kembali ke masa sekarang untuk memberi petunjuk kepada pembaca

Sudut pandang novel ini berdasarkan tokoh masing-masing, jadi ada lebih dari 1 sudut pandang. Asyiknya pembaca bisa lebih tau detail tentang isi pikiran tokoh masing-masing. Tapi yang saya suka adalah saat diceritakan dari sudut pandang Mirah, sukses banget tokoh ini membuat penasaran karena auranya yang misterius serta obsesinya terhadap kancing. Lho ada apa dengan kancing? Jadi kancing emang punya tempat spesial gitu di kehidupan Mirah.

Dua tokoh yang punya karakter kuat dalam novel ini adalah Carmine dan Mirah, meski tak menyangkal bahwa kehadiran tokoh-tokoh figuran lain menambah kuat alur cerita.

Kekurangan dari novel ini yaitu, kalau menurut saya latar belakang atau masa lalu salah satu dari tokoh dalam novel ini kurang diceritakan lebih detail lagi, jadi kadang masih ada pertanyaan "kenapa tokoh A bisa sampe begitu?"

Tapi novel ini betul-betul saya rekomendasikan untuk kamu yang hobi banget baca novel dengan genre thriller. Wajib baca juga buat kamu penggemar karya-karya Ruwi Meita 😊

27 Comments

  1. Wah baru tahu Mbak Ruwi Meita nulis Thriller seperti bakal menarik cerita di dalamnya.

    BalasHapus
  2. Aku belum berburu novel ini mba, ngabisin timbunan dulu. hehe.. Karya Mba Ruwi memang tidak diragukan, aku setia beli novel-novelnya.

    BalasHapus
  3. kayaknya baca novel thriller seru juga ya, jadi nambah referensi bacaan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq juga baru2 ini mba seneng baca thriller, karena bosan baca yg romance jadi pengen ada yg baru aja...eh qo kayaknya malah ketagihan :)

      Hapus
  4. Udah lama gak beli novel lagi ni mb

    BalasHapus
  5. novel baru ya mbak?...tumpukan antrian buku masih banyak euy..belum berani hunting ke toko buku dulu, tapi ntar kepo-kepo ah ke toko buku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba baru 2018 terbitnya...wah kl saya buku yg belum dibaca juga bnyak mba tp gimana ya penasaran abisnya sma novel ini hehe

      Hapus
  6. Sesungguhnya, aku suka sama hal2 yg berbau thriller dan scifi. Tapi, berhubung banyak buku yg belum dibaca. Maka, baeqlah, ditahan dulu. Padahal mah dalam hati penasaran hihii

    BalasHapus
  7. Kayaknya seru banget novelnya mbak walau saya belum pernah dengar nama penulisnya. Sayang, punya anak 1 begini saya baca novel udah nggak ada waktu, tiap ada waktu saya malah nonton drama Korea. huhuhu

    BalasHapus
  8. Kebetulan saya belum pernah baca novel bergenre thriller gini mbak hehe kayaknya menarik nih kalo udah baca reviewnya kaya gini. Bolehlah dicoba

    BalasHapus
  9. Mba Ruwi Meita memang keren. Jadi pengen ikutan me-review novel Garam-nya yang udah tuntas saya baca. Btw, novel ini bisa jadi rekomendasi berikutnya yang harus dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo donk mba review, nnt kalau tertarik saya pasti langsung cari bukunya 😬

      Hapus
  10. Spetinya bagus novelnya..stlh menikah sdh jarang, bahkan hmpir tdk pernah bc nove genre thriller. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun nyolong2 diwaktu luang mba bacanya hihihi

      Hapus
  11. Wah ak malah baru denger nama penulis nya ini mba hahaha. Wajib ak beli nih, soalnya penyuka genre thiller and horor

    BalasHapus
  12. Wah boleh nih jadi rekomendasi novel untuk dibaca berikutnya

    BalasHapus
  13. Wah, novel bergenre thriller itu sesuatu banget buat saya. Sudah lama sih tidak baca yg genre ini. Pun belum bisa menulis cerpen dg genre thriller. Menantang untuk ditulis, menantang pula untuk dibaca.
    Baca review Mbak Riska ini jadi penasaran banget, deh.

    BalasHapus
  14. Jadi penasaran pengen ikutan baca novelnya😊😊. Klo jenis horor thriller gini, biasanya buat ketagihan membacanya ya mbak🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bikin ketagihan, buktinya saya ini, malah cari2 lagi 😂

      Hapus
  15. Baca ini malem2 pas mo tidur
    Jadi deg2an aku wkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi, lebih degdegan ketemu si dia kan mba 😁

      Hapus
  16. Sepertinya menarik. Tapi takut kebawa mimpi kalau baca novel thriller begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...gak qo mba, ini thriller nya masih halus tingkat kesadisannya..duh qo bahasanya aneh 😁

      Hapus
  17. Penasaran endingnya bagaimana, ya mbak? Ada apa dengan kancing? Hihi kepo abis. ��

    BalasHapus
  18. hwaaa kalo horor aja aku masih kuat, tapi kalo udah thriller berdarah-darah aku suka muelll mbaaa

    BalasHapus