Belajar Memanage Rumah Tangga Lewat Buku Bunda Cekatan


Bismillah

Alhamdulillah berhasil menamatkan satu buku lagi disela-sela kesibukan (sok sibuk sih hehe), kali ini buku yang saya baca berjudul Bunda Cekatan: 12 Ilmu Dasar Manajemen Rumah Tangga. Buku ini ditulis oleh sekumpulan emak-emak cetar yang berasal dari komunitas Institut Ibu Profesional. Seperti judulnya isi dalam buku ini membahas seputar kerumahtanggaan




Sebagai wanita yang sudah menikah, merasakan pusing karena rumah berantakan oleh mainan anak-anak, pusing karena baju tidak tertata rapi di lemari, pusing memikirkan menu untuk satu pekan kedepan,  pasti pernah kan buibu?

Seorang wanita, saat statusnya berubah menjadi seorang istri dan ibu secara otomatis bertambah juga pekerjaan yang harus dilakukannya, maka dari itu seorang wanita wajib banget kan menambah skillnya. Tapi kan gak ada atuh sekolah khusus untuk menjadi istri dan ibu ya kan? Jangan khawatir gaess semua permasalahan di atas bisa kita temukan jawabannya dalam buku Bunda Cekatan

Buku Bunda Cekatan berisi 12 Ilmu Dasar Manajemen Rumah Tangga. Isinya terdiri dari 12 esai dengan tema dan pengalaman para anggota Institut Ibu Profesinal, diantaranya:

  • Learn how to learn
  • Mind Mapping
  • Manajemen waktu
  • Manajemen Menu 10 hari
  • Menata rumah dengan konsep 5R
  • Emergency first
  • Safety walking, riding dan driving
  • A home team
  • Meraih mimpi menata masa depan
  • Public speaking
  • Personal grooming
  • Table manners for kids
Oiya buku ini bukan jenis buku yang harus dibaca sampai habis dalam sekali baca, saya baca buku ini pelan-pelan banget supaya mudah diresapi hehe....tinggal praktenya aja nih yang belum. Dari ke 12 judul di atas yang menjadi favorit saya adalah Manajemen Menu 10 Hari, Menata Rumah dengan Konsep 5R, dan Personal Grooming.

Dalam bab Manajemen Menu 10 Hari, seorang ibu dituntut untuk mampu menyiapkan menu dengan gizi seimbang. Dalam bab ini juga diharuskan untuk menyusun menu untuk 10 hari, kenapa 10 hari? gak seminggu? karena kalau menyusun menu untuk seminggu maka menu yang sama akan muncul di hari yang sama dan itu bisa memunculkan rasa bosan

Kemudian dalam bab Menata Rumah dengan Konsep 5R. Apa itu 5R? 5 R adalah Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. yang menarik dalam bab ini adalah diajarkan juga bagaimana caranya menata pakaian dalam lemari. Berfaedah banget lah buat emak-emak macam saya hehe

Sedangkan dalam bab Personal Grooming, isinya membahas tentang bagaimana menjaga penampilan. Grooming sendiri mempunyai arti serangkaian kegiatandari mulai pembersihan bagian tubuh, cara berpakaian, dan menata rambut sampai cara berpakaian dan bersikap. 

Intinya buku Bunda Cekatan ini sangat cocok untuk mengupgrade skill dan pengetahuan menjadi ibu serta istri. Tema yang ada di dalamnya pun tak lekang oleh waktu, sehingga kapan pun saya membutuhkan pencerahan, bisa langsung baca buku ini :)

2 Comments

  1. Masya Allah anggota IIP batch berapa mbak? Saya baru ikut awal tahun inj batch 7 dan baru baca buku Berubah atau Kalah terbitan komunitas IIP juga, yang ceritanya juga masya Allah memang butuh baca dengan perlahan supaya meresapi dan merenungi hehe salam kenal mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gak ikut IIP mba...cuma ikutan kelas literasinya aja. Pengen sih ikutan IIP semoga ada kesempatan :)

      Hapus