Plus Minus Curhat di Media Sosial


Saya, termasuk orang yang tertutup untuk masalah pribadi. Biasanya untuk curhat masalah yang kelewat pribadi saya menuliskannya di buku diary atau curhat sama Allah aja 😊. Beberapa tahun silam mungkin kata-kata "dear diary...." sangat terdengar familiar. Saya termasuk orang yang suka menuliskan isi hati dalam buku diary, malah saya punya buku diary yang ada gemboknya 😂



Kini, seiring kemajuan teknologi bukan hanya buku diary saja yang menjadi tempat mengeluarkan uneg-uneg, sekarang banyak orang yang tak sungkan lagi menceritakan masalah pribadinya di media sosial, malah beberapa curhatan ada yang menjadi viral. Tapi tau gak curhat di media sosial juga ada plus minusnya lho

Plus:

1. Melatih kepercayaan diri
Buat curhat di media sosial itu butuh kepercayaan diri tingkat tinggi lho, apalagi kalau yang tidak terbiasa menuliskan curhatannya di media sosial. Kalau saya jangankan curhat di medsos, posting dagangan aja malu gak pede 😂

2. Sebagai jalan berdakwah
Iya kalau isi curhatanmu itu bisa diambil pelajaran bagi orang yang baca, tentunya itu juga bsa jadi jalan dakwah secara gak langsung kan. Nah berarti untuk curhat di media sosial harus disortir dulu mana kira-kira curhatanmu yang berfaedah

Minus:

1. Banyak orang yang mengetahui masalah pribadimu
Gak ada untungnya juga kan orang yang gak mestinya tahu masalah pribadimu jadi tahu, lebih baik jika ingin menceritakan masalah pribadi, ceritakanlah ke orang yang betul-betul kamu percaya, daripada 'nyampah' di media sosial kan?

2. Mengundang niat jahat
Pernah saya menulis status iseng isinya pendek aja "bete banget nih, ditinggal sendiri di rumah" gak lama kemudian saya hapus karena saya berpikir gimana nanti kalo ada yang baca dan dia tau saya lagi sendirian di rumah, bukan gak mungkin kan orang yang tadinya gak punya niat jahat karena ada kesempatan datang deh niat jahatnya. Bukannya su'udzon tapi waspada itu perlu kan 😉

3. Tidak menyelesaikan masalah
Terkadang orang-orang yang memberikan komentar di media sosial itu mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Nah dari padangan yang berbeda-beda itu bisanya malah menimbulkan masalah baru bukan malah menyelesaikan masalah

Gimana? Jadi masih mau curhat di media sosial? memang media sosial ibarat pisau bermata dua, sebagai netizen kita harus bijak menggunakannya 😊

22 Comments

  1. Buat saya pribadi, kadang saya berpikir sekali-kali curhat di media ga ada salahnya,release stress dan itung-itung barbagi cerita, tapi ya itu, saya ga pede...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sama, seperti yg saya tulis di atas. Posting dagangan aj malu apalagi curhat 😬

      Hapus
  2. Wah.. sama mbak, saya juga gak perna curhat, di fb saja status saya gak ada yg berisi curhat. Kebanyakan malah kata2 motivasi dan lucu2 saja.

    BalasHapus
  3. Curhat lucu-lucuan buat jalin engagement dengan friendlist FB kadang2 saya lakukan mbak.. Tp kl curhat masalah pribadi, kayaknya engga deh.. Saya termasuk jaim utk hal tersebut.. Hehhee

    BalasHapus
  4. Menurut saya ya, ada beberapa hal yg boleh dibagikan di medsos. Tapi soal urusan pribadi seperti persoalan hidup, baiknya di keep sendiri saja. Kalaupu mau sharing cukup percayakan pada satu atau 2 orang saja utk bantu memberikan masukan. selebihnya sama saja membuka aib sendiri

    BalasHapus
  5. Menurutku sih ya boleh saja asal... jangan kebanyakan. Ya, memilah dalam share sesuatu di medsos. Jika terlalu privasi sebaiknya jangan.

    BalasHapus
  6. Kalau saya memang berusaha tidak curhat masalah pribadi di sosmed, karena bagi saya itu urusan dapur masing2, tapi kalau yang happy its ok lah

    BalasHapus
  7. jangan kasih tau kalau itu masalah kita, wkwk. jadi dibuat aja seolah-olah kita sedang memberitahukan kepada orang lain melalui tulisan. nah, jadinya orang kagak bakal tau kalau itu sesungguhnya masalah kita, hehe. atau di buat cerpen aja pakai POV ketiga, wkwk *ini mau ngapain sih, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah boleh banget nih mba stef dicoba buat yg mau ngeluarin unek2 di medsos tanpa ada yg tau kl itu masalah sendiri😁

      Hapus
  8. Kalau saya anti banget curhat di sosmed mbak.. Yg ada masalah makin merucutt... Tapi biasanya nulis blog ttg masalah yg sudah terselesaikan buat inspirasi orang lain. Hihi

    BalasHapus
  9. Maybe, saya sendiri cenderung jarang share soal pribadi di medsos mba. Dan, adapun kalau posting biasanya edisi pesanan hihii. Enaknya, di blog sih mba, biar tumpah semuanya hahah

    BalasHapus
  10. Zaman SMA dan Kuliah aku sering curhat di FB, alhasil semenjak lulus aku ubah jadi fanspage, mba. Kapo, dan memalukan banget kalau diingat kembali. Curhatnya yang baik-baik saja deh dan berfaedah.

    BalasHapus
  11. sekarang aku curhatnya pindah ke blog mbak, dulu sama kayak mbak, pake diary yang ada gemboknya. Kalo pulang ke Solo suka dibaca lagi...Ya Allah, malunya diri ini hehehehe

    BalasHapus
  12. kalau saya sih, jangan deh curhat-curhatan di medsos, apalagi sampai ke urusan pribadi. Yang ada, bukannya masalah yang kelar tapi hidup kita yang kelar...*sadis amat.

    BalasHapus
  13. Kalau curhat d medsos macam fb enggak deh
    Maksimal d wa story itu pun pilih2 apa yg dicurhatin heheh

    BalasHapus
  14. Saya setuju dengan kata kunci... Bahwa kita harus bijak menggunakan media.
    Gunakan medsos untuk hal yang bermanfaat dan jadikan diri kita sbg pribadi yang bermanfaat di medsos (tema ini pernah saya bahas tuntas di blog saya jg mbak🤗)

    BalasHapus
  15. Kadang jadi menyelesaikan masalah kalau menurutku mbak. Hihi.
    Menurutku juga, kalau mau curhat, perhatikan privasi juga hehe. Kalau udah menyentuh ranah privasi yang dalam, mending gak usah. Atau, sekarang kan udah ada filter teman dekat, jadi bisa diatur kepada siapa pengen curhat layaknya curhat sama teman.
    Tapi aku sih juarang (tapi pernah) blakblakan curhat soal masalah di sosmed. hehehe
    Pengen privasi ttp terjaga.

    BalasHapus
  16. Kalau itu hal yang sifatnya pribadi sekali, saya nggak akan crita sih. Sekepingin-kepinginnya nulis mentok saya privat. Saya nggak pingin orang tahu masalah saya.

    BalasHapus
  17. Curhat masalah pribadi yg negatif nggak pernah, insya Allah.
    Adanya cerita keseharian yg positif dan inspiratif, karena saya pakai FB untuk personal branding, bukan ajang curhat *uhhuk qiqiqiiii

    BalasHapus
  18. Saya juga yang termasuk nggak suka curhat sana, sini. Cukup medsos untuk memperkenalkan diri saya dengan hobi.

    BalasHapus
  19. Ya emang klu mau curhat di medsos ada plus minusnya. Btw saya juga dulu termasuk orang yang suka curhat di medsos sampai sekarang pun masih suka curhat tapi udah nggak kayak dulu lagi. Klu dulu mah asal curhat aja, sekarang ya sebisa mungkin curhatan saya harus bermanfaat atau minimal bisa jadi reminder bagi diri saya pribadi.

    BalasHapus
  20. Kalau aq sih gk pedecurhat di medsos mnding curhatnya ke Allah, hehe...
    Tp nerul sih yg suka curhat di medsos nyalinya gede... Hihi

    BalasHapus