Review Buku Wanita Berkarir Surga


Bismillah...

Pada postingan kali ini saya mau me review buku karya Ust felix Siauw yang berjudul Wanita Berkarir Surga

Identitas Buku

Judul: Wanita Berkarir Surga
Penulis: Felix Siauw dan Tim Da'wah @hijabalila
Penerbit: Al Fatih Press
Cetakan: I, september 2017
Tebal: 181 halaman



Jujur pada akhirnya saya memutuskan untuk membeli buku ini adalah karena judulnya yang menarik dan covernya yang unyu ðŸ˜Š, sebelumnya saya sudah pernah membaca buku-buku karya ust felix Siauw, dan buku ini adalah buku ke 3 yang saya baca. 

Dalam buku ini terdapat 5 bab  yaitu

  • Sejarah kaum wanita
  • Munculnya paham feminisme
  • Imbas dari feminisme
  • Mengenal pria dan wanita
  • Islam sebagai solusi

Review

Buku ini dibuka dengan sejarah peradaban kuno tentang kedudukan wanita, dari zaman Yunani, Romawi, India, Cina, Arab dan Eropa. Dari semuanya terdapat satu persamaan yang menjadi inti yaitu: saat zaman peradaban kuno wanita itu sangat tertindas, bahkan di keluarganya sendiri ðŸ˜­. Para wanita dijadikan budak, sebagai pemuas nafsu pria, sampai dikubur hidup-hidup. Serem bangett kan, hingga akhirnya hal tersebutlah yang menjadi pemicu munculnya faham 'Feminisme' yaitu sebuah faham yang menuntut kesetaraan antara kaum wanita dan pria

Namun faham feminisme tidak lantas menjadi jalan keluar, justru ketika wanita dipaksa untuk melakukan sesuatu agar terlihat setara dengan laki-laki maka banyak terjadi kekacauan di dalamnya. 
Hingga akhirnya hadirlah Islam sebagai solusi, dalam Islam pria dan wanita berperan sesuai dengan fitrahnya masing-masing. Justru Islam menempatkan wanita pada posisi yang mulia

Pada bab Mengenal pria dan wanita dijabarkan perbedaan pria dan wanita mulai dari otak, tubuh, hingga fitrah pria dan wanita. tergambar sangat jelas dalam buku tersebut bagaimana Islam mengatur wanita dan memuliakan posisinya

Dalam bagian akhir pada buku ini juga dijabarkan tentang wanita-wanita penghuni surga diantaranya Fatimah binti Rasulullah SAW, Maryam ibunda Nabi Isa As,  Khadijah istri Rasulullah SAW, dan Asiyah istri Fir’aun. Mereka mengerjakan perintah Allah SWT sesuai dengan fitrah dan tidak menyamakan kedudukan antara pria  dan wanita. Tetap menjalankan perintah Allah SWT dengan cara sendiri sebagai wanita muslimah. Mereka adalah wanita hebat, kuat, cerdas, dan mulai. Bagi saya pribadi, saya sangat mengagumi Fatimah binti Rasulullah dan Khadijah istri Rasulullah. Banyak kisah yang menjadi teladan bagi kaum wanita.


Ummu Salamah bertanya kepada Rasulullah SAW

“Karena apakah wanita dunia lebih utama daripada bidadari?”

Beliau menjawab,”Karena shalat mereka, puasa dan ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya diwajah mereka, tubuh mereka adalah kain sutera, kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kekuning-kuningan, sanggulnya mutiara dan sisirnya terbuat dari emas. Mereka berkata,”Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali, kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali, kami ridha dan tidak pernah bersungut-sungut sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kai dan kami memilikinya. (HR. Ath-Thabrani)


Kedengarannya pembahasannya berat ya? Awalnya pas baca daftar isi saya juga berfikiran begitu, tapi emang khasnya Ust Felix Siauw ya, sejarah feminisme pun dirangkai dengan bahasa yang ringan dan tidak membosankan, selain itu adanya ilustrasi sebagai pelengkap yang memanjakan mata menjadi daya tarik bagi buku ini. 

Baca buku ini tuh nambah banget wawasan saya tentang feminisme, tentang sejarah wanita di zaman peradaban kuno, dan tentunya yang paling menjadi favorit saya adalah sejarah wanita-wanita penghuni surga. 

Buku ini sangat-sangat direkomendasikan oleh kaum wanita yang masih galau antara pilihan menjadi IRT atau wanita karier. kalau mengambil kesimpulan dari buku ini adalah apa pum pilihannya menjadi IRT atau wanita karier tidak akan mengurangi kemuliaannya selagi menjalani perannya sebagai istri dan ibu yang baik bagi keluarganya.

Bekasi, 14 Maret 2019

4 Comments

  1. ini salah satu buku favorit saya.
    paling suka sama grafisnya mbak @Benefiko. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bagus dan lucu jadi semangat bacanya kalo saya hehe...

      Hapus
  2. Makadih kak reviewnya. Sangat berguna bagi aku yang sedang berencana beli buku ini.

    BalasHapus
  3. Kelebihan dan kekurangan buku ini apa?

    BalasHapus