Tulis Saja


Beberapa waktu lalu saya sempat jalan-jalan ke youtube dan melihat video Raditya Dika, kamu tahu kan Raditya Dika? Bukan, kali ini saya tidak ingin membahas dia, yang ingin saya bahas adalah kata-kata dalam videonya yang memaparkan bahwa ketika kamu sedang tidak ada ide untuk menulis, maka menulis saja seperti yang saya lakukan sekarang.

Iseng-iseng saya beberapa kali mengikuti saran yang diberikan oleh Radit, biasanya ide akan muncul secara tiba-tiba ketika kita sudah memulai untuk menulis, lalu bagaimana jika ide untuk menulis tidak muncul juga padahal kita sudah menulis beberapa kalimat?



Maka jawabannya adalah....terus saja menulis

Tulis, tulis, dan tulislah apa saja yang ada dalam pikiranmu.

Sebetulnya hambatan untuk menulis muncul bukan saja ketika tidak ada ide sama sekali, bahkan ketika ada ide pun kita seringkali bingung hendak menulis apa, bingung untuk merangkai kata-kata menjadi suatu paragraf. Sama halnya dengan seseorang yang akan memutuskan sesuatu, ketika tidak ada pilihan, lama berpikir untuk memutuskan, pun ketika diberikan banyak pilihan, tetap saja membutuhkan waktu beberapa menit untuk menentukan pilihan.

Tuh kan, sudah menulis beberapa paragraf saja saya masih bingung mau menulis apa

Tapi biarkan saja jari jemari ini menari, menyusun kata semaunya. Biarkan pikiran kita terbang dengan sayap-sayapnya

Jadi, betul kata Raditya Dika, sekalipun kita tidak tahu mau menulis apa, dan kita sedang ingin menulis,maka menulis saja. Tulis dan katakan saja bahwa kita bingung mau menulis apa. Hingga tanpa sadar beberapa paragraf telah kita tulis, dan kita sudah berada di kalimat penutup.

0 Comments