Review Buku: Konmari Mengubah Hidupku


Alhamdulillah selesai juga baca buku ini, mengingat kalau baca genre non fiksi kecepatan membaca saya udah kayak siput alias lama banget hehe

Buku karangan Khoirun Nikmah ini kalau menurut saya adaptasi versi jepangnya yang berjudul KonMari The Life-Changing Magic Of Tidying Up karya Marie Kondo, cuma saya lebih ngerti baca yang versi Indonesia ini daripada yang versi terjemahan😀

Yang membuat saya tertarik untuk membaca atau lebih tepatnya membeli buku ini adalah karena temanya. Yup tema dari buku ini adalah beres-beres rumah, lebih tepatnya seni merapikan rumah ala jepang.


Kemudian ketika saya mulai membaca buku ini yang saya rasakan adalah galau untuk memulai beberes, kenapa? karena selama ini saat saya beberes seringkali saya merasa berat untuk 'berpisah' dengan barang-barang yang selama ini ada, padahal kalau diperhatikan secara seksama barang-barang tersebut sudah tidak terpakai lagi.

Berbenah sedikit-sedikit berarti berbenah tiap hari

Saat membaca kalimat tersebut pada buku konmari seketika saya merasa itu adalah saya hehe, itulah yang selama ini saya lakukan yaitu bebenah sedikit sedikit

Padahal kalau menurut buku ini bebenah sedikit-sedikit itu artinya kita gak bakal kelar-kelar 😂

Coba deh buibu pasti pernah kan hari ini beresin ruang tamu, rencananya besok beberes dapur eh pas besok mau beresin dapur, qo malah ruang tamunya udah berantakan lagi 😁 itulah maksudnya bebenah yang gak kelar-kelar

Maka dari itu buku ini hadir bersama solusinya, semuanya dijabarkan dengan sangat detail dalam buku ini. Meskipun saya merasa kurang enjoy saat membacanya karena bahasa yang digunakan oleh penulis masih terasa seperti bahasa terjemahan

Dalam buku ini sebelum praktek, penulis ingin merubah pola pikir kita. Oiya metode konmari juga bukan sekedar metode beberes rumah, tapi lebih dari itu, ada tujuan hidup yang dicapai, yaitu hidup yang lebih bahagia, menyenangkan, dan positif dengan beberes rumah menggunakan metode konmari.

Paket lengkap dalam satu buku

Di dalam buku ini juga penulis mengajak kita untuk memulai konmari dari nol, dimulai dari menentukan ideal lifstyle untuk rumah dan kehidupan kita sebelum mulai ber konmari, hingga cara-cara berkonmari bersama pasangan, anak, orangtua juga masyarakat.

Selain itu pada bagian akhir buku ini juga penulis memberikan contoh melipat baju pada metode konmari, sayangnya saya lupa foto hehe..


Yang pasti selesai membaca buku ini saya langsung punya pe er yaitu, mempraktekan apa yang sudah saya baca 


5 Comments