Membangun Konsistensi Menulis Melalui KLIP


Pas sengaja mau nulis mumpung ada waktu luang eh ide gak muncul-muncul, giliran lagi gak niat nulis tetiba ide muncul begitu aja, langsung deh buru-buru ambil notes kecil takut keburu kabur idenya hehe...ada yang samaan gak?

Membangun sebuah habit (kebiasaan) menulis memang gak semudah mengobrol dengan tetangga 😂, dibutuhkan kemauan yang kuat. Apalagi kalau banyak godaannya, ya hape, anak, atau bahkan tidur. Padahal dalam hati udah janji mau rajin nulis, kalau bisa setiap hari, lha qo ada bunyi notifikasi grup aja gatel pengen ikut nimbrung, pasti gak cukup sampe disitu, belom lagi scroll akun instagram lambe-lambean biar update dan gaul, yah gagal lagi deh marathon nulisnya 😁


Sebetulnya hanya ada satu cara agar kita bisa terus konsisten untuk menulis yaitu: MEMAKSA DIRI UNTUK MENULIS, ya cuma itu caranya. Niat aja gak cukup, harus ada paksaan yang kuat supaya niat kita gak kalah sama bunyi notofikasi hape 😂. 

Alhamdulillah saya dipertemukan dengan KLIP yaitu kependekan dari Kelas Literasi Ibu Profesional, FYI dulunya bernama ODOP (One Day One Post) for 99days yang merupakan kelas khusus literasi yang bertujuan untuk melatih konsistensi para anggotanya dalam menulis. Gak tanggung-tanggung KLIP menantang para anggotanya untuk konsisten menulis selama setahun

Saya sendiri sudah berjalan 4 bulan mengikuti kelas literasi tersebut, setiap bulannya wajib banget menyetorkan minimal 10 tulisan. Setiap akhir bulan juga kita terima raport lho hehe, gak mau kalah sama anak sekolah

Manfaat yang saya dapat salah satunya adalah saya lebih rajin nulis dan ngeblog hehe, saya menyadari banget kalau dari segi kualitas mungkin tulisan saya masih harus diperbaiki, namun target saya sendiri adalah membangun habbit (kebiasaan) untuk menulis setiap hari, sambil berjalan sambil saya belajar untuk memperbaiki kualitas tulisan saya

0 Comments