Tips Merawat Buku Agar Awet Sepanjang Masa


Bismillah
Karena bingung mau nulis apa, dipostingan kli ini saya ingin berbagi tips bagaimana merawat koleksi buku
.
Pastinya bete kan kalo liat buku-bukumu gak terawat, apalagi kalau ada halaman yang terlipat atau bahkan sobek. Belum lagi bintik² kuning yang menghiasi pinggiran buku karena lembap. Makanya jangan heran kalo kamu pinjam buku kemudian si empunya buku baweeelll banget, ibaratnya pegang bukunya dia tuh ada SOP nya 😂. Mereka gak lebay qo, begitulah kalo orang yg emang cinta banget ama buku. Ibaratnya buku itu pacar bagi mereka yg jomblo 😬



Merawat buku itu gampang² susah sebetulnya, kuncinya harus telaten biar koleksi bukumu tetap mulus sepanjang hayat 😍. Berikut sedikit tips yg bisa dicoba agar bukumu awet gaess
.
📚Tips Merawat Koleksi Buku
*Biasakan menyampul buku
biasanya saya menggunakan sampul plastik bening yg tebal. Terutama sebelum dipinjamkan le orang lain ada baiknya supaya aman disampul dulu
.
*Pastikan simpan buku di tempat yg kering. Pengalaman banget waktu blm punya lemari buku, saya simpan buku dalam kardus. Karena gak pernah dicek secara berkala pas mau dipindahkan udah ada bintik² kuningnga gitu...karena lembab 😞

*Bersihkan lemari buku secara berkala. Maksimal 2 minggu sekali supaya terbebas dari debu. Gak asik kan kalo kamu lagi baca buku favoritmu tanganmu gak nyaman karen permukaan bukunya berdebu. Apalagi kalo kamu alergi debu kayak saya, dpt bonus bersin-bersin deh 😷
.
Yap..itu sedikit tips dari saya, silahkan tambahkan tips ala manteman ya 😊

0 Comments