Membaca Itu....

Pernahkah terbersit dalam fikiran kita apa itu manfaat membaca? mungkin ada yang  pernah, sering, kadang-kadang, bahkan ada yang berfikir tidaklah perlu

Pada satu kesempatan saya gak sengaja membaca status rekan saya di dunia maya isinya begini kira-kira:
"Kata siapa membaca itu jendela dunia, terlalu sempit justru membaca itu adalah gerbang untuk melihat dunia" 
saya setuju pake banget sama kalimat tadi, gak kebayang deh gimana jadinya kalo saya tidak membaca, bisa dibayangkan juga kah apa jadinya kalo disebuah institusi pendidikan komponen-komponen yang ada di dalamnya tidak suka atau bahkan tidak membaca? kayaknya tidak mungkin deh, mustahil saya rasa..mengapa?? karena kehidupan kita semua berawal dari membaca, bahkan awal ayat Al qur'an pun dimulai dari kata "iqra" yang berrti bacalah..



Membaca apa?
banyak hal.. 
seorang ibu rumah tangga yang akan menyiapkan sarapan untuk keluarganya pun pasti terlebih dulu membaca tulisan yang ada pada bungkus makanan yang akan disajikan.

seorang pelajar yang akan menghadapi ujian, dia juga pasti membaca buku-buku pelajarannya terlebih dahulu.

seorang workaholic yang terbangun ditengah tidur malamnya, langsung membaca pesan-pesan masuk di ponselnya entah via sms atau jejaring sosial.

bahkan orang yang kurang kerjaan dan menghabiskan waktunya untuk facebook an, dia pun membaca..yup membaca status-status di socmed tersebut

atau ketika baru saja terbangun dari tidur, bukankah yang kita baca adalah rangkaian angka-angka penunjuk waktu.
sederhana bukan membaca itu? tapi betapa besar dampak dan manfaatnya.

Lantas apa yang membuat isi kepala kita berbeda pada akhirnya? padahal kan sama-sama proses membaca bukan? bagi saya..membaca itu bukan sekedar menikmati rangkaian huruf atau kata pada buku, bahwa membaca itu bukan sekedar menyalurkan hobi, terlebih lagi membaca itu bukan sekadar sebagai hiburan untuk memenuhi hasrat berupa lifestyle, fashion, atau roman.

Pada akhirnya input itu akan selalu berpengaruh pada output bukan? Apa yang kita baca, seberapa banyak kita membaca dan bagaimana kita mengelola apa yang kita baca ke dalam fikiran kita untuk kemudian direalisasikan dalam kehidupan nyata. Semua itulah yang akhirnya membuat kita berbeda.

Itu dia sedikit pendapat saya tentang membaca, saya yakin diantara kalian pasti ada yang bisa memberikan masukan apa itu membaca. Ini hanya pendapat saya sesorang yang masih belajar..semoga bermanfaat dan mnginspirasi

Yuk..ah membaca lebih banyak lagi...
"Iqra bismi Rabbikalladzii kholaq"

0 Comments