3 Pertimbangan Saat Memilih Sekolah Bagi Anak


Saat dirimu galau memilih sekolah buat anak, maka sadarlah disitu kau sudah jadi emak-emak 😂. Akhirnya sampai juga saya dalam fase ini. Anak saya yang pertama dan (masih) jadi satu-satunya, Naura Thalita Zaara (panggil aja Zara) sebentar lagi akan memulai sekolah di jenjang TK A , di tahun ajaran baru sekitar bulan juli, tapi sampai saat ini emaknya masih galau mau daftar ke sekolah yang mana

Padahal di kompleks tempat saya mengajar sehari-hari, jenjang pendidikannya sudah lengkap mulai dari TK sampai Sekolah Tinggi, hanya saja entah mengapa saya kurang sreg untuk mendaftarkan anak saya ke TK nya. Tentunya dengan berbagai pertimbangan termasuk biaya ya hehe...😀

Pertimbangan Saya Ketika Memilih Sekolah

Sebelum mendaftarkan anak untuk masuk sekolah, ada beberapa pertimbangan saya ketika memilih sekolah untuk anak. Dalam hal ini khususnya sekolah TK ya, karena anak saya baru mau masuk TK. Tapi mungkin bisa juga pertimbangan ini sama dengan para emak yang mau mendaftarkan sekolah anaknya ke jenjang yang lebih tinggi

Nah ini beberapa pertimbangan saya saat memilih sekolah untuk anak

1. Kualitas Pengajar
Ini nomor satu sih ya buat saya, terutama sekolah TK yang betul-betul menuntut pengawasan penuh dari tenaga pengajarnya. Trus darimana donk kita bisa tahu kualitas pengajarnya, masa iya harus nongkrongin sekolah yang dituju? Ya gak gitu juga sih hehe...kalo saya biasanya akan tanya ke emak-emak yang sudah pernah menyekolahkan anaknya di tempat yang sama. Semacam testimoni gitu, nah seenggaknya dari situ kita bisa dapat gambaran tentang kualitas pengajarnya. Untuk yang satu ini bahkan saya berani bayar mahal jika memang pengawasan dari gurunya betul-betul maksimal. Mungkin beberapa orang mengutaman fasilitas, justru buat saya fasilitas nomor 2 hehe, kenapa? karena yang menurut saya yang akan membentuk karakter anak itu adalah gurunya, fasilitas hanya media pendukung

2. Fasilitas
Nah bener kan bagi saya fasilitas nomor 2. Tentunya fasilitas juga hal yang tidak bisa diabaikan dalam memilih sekolah. Tapi perlu diingat, biasanya fasilitas itu tergantung dari besarnya biaya yang dikeluarkan. Jangan sampai kita sudah bayar mahal tapi fasilitas yang didapatkan seadanya. Untuk mengetahui apakah fasilitas sesuai dengan biaya yang dikeluarkan bisa dengan survey ke sekolah yang dituju. Bagi saya ruang kelas yang nyaman, arena bermain yang aman (bagi jenjang TK) sudah cukup memenuhi fasilitas menurut standar saya

3. Biaya
Kenapa saya menempatkan biaya di urutan terakhir? Karena jika kualitas pengajar dan fasilitasnya bagus, maka sudah bisa dipastikan biaya yang akan dikeluarkan pun setimpal. Apalagi setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya termasuk masalah pendidikan, pastinya bukan hanya saya yang mau beusaha mengeluarkan biaya yang sesuai dengan 2 kriteria yang sudah disebutkan diatas

Itulah 3 pertimbangan saya saat memilih sekolah bagi anak, intinya sih saya juga gak mau terlalu memaksakan diri, sesuaikan dengan budget aja. Karena tanggung jawab dan pembentukan karakter pada anak adalah tugas utama orang tua di rumah, sekolah hanya membantu. Sharing juga donk mak, pertimbangan kalian saat memilih sekolah bagi anak


1 Comments

  1. Masyaa Allah...
    Jadi pelajaran untuk kedepannya buat saya....
    Syukron kak ilmunya....

    BalasHapus