Muhasabah di Penghujung Ramadhan



Hari ke 28 Ramadhan, selalu merasa sedih setiap ada di penghujung Ramadhan. Ga terasa ya gaess bentar lagi Ramadhan akan pergi meninggalkan kita semua, perasaan baru kemarin deh puasa 😭, eh tunggu dulu apa iya Ramadhan yang akan meninggalkan kita? Jangan-jangan sebelum Ramadhan pergi, kitanya yang udah duluan pergi meninggalkan Ramadhan. 😢 Di akhir-akhir Ramadhan bukannya memperbanyak ibadah, malah sibuk sama persiapan lebaran. Ya Allah aku banget ini mah... hiks

Padahal sebelum Ramadhan tuh ya, saya udah prepare banget kayak persiapan buat lebaran, misalnya baju udah beli, kue kering udah pesan. Tujuannya ya itu supaya ibadah saat Ramadhan tenang, gak keganggu sama nyari-nyari baju dan segala printilannya. Tapi ya qo ada aja yang kurang dan mengharuskan beli saat hari-hari terakhir Ramadhan. Maklum lah ya THR baru cair Mak menjelang 10 hari terakhir 😅

Meski begitu saya tetap donk usaha buat lebih maksimal di penghujung Ramadhan, tetap gak mau Ramadhan tahun ini sia-sia. 

Saya sendiri berusaha supaya Ramadhan tahun ini lebih maksimal beribadah, lebih produktif juga dalam mengisi waktu, gak kebanyakan tidur hehe

Memang beberapa target tercapai, tapi sedihnya kebanyakan yang belum tercapai. Tapi semoga di mata Allah Ramadhan tahun ini saya lebih baik dari tahun lalu. Namanya juga hidup, kita harus kan ya meningkatkan kualitas dari tahun ke tahun.

Harapan dari tahun ke tahun kalau saya bilang semua orang punya harapan yang sama ya. Yaitu minta dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan, tentu dengan kondisi keimanan yang lebih baik. Aamiin

Intinya saya sedih karena Ramadhan tahun ini apa yang sudah saya targetkan sejak awal banyak yang tidak tercapai. Tapi masih ada waktu 2 hari menjelang Syawal. Tidak ada kata terlambat kan untuk sebuah ketaatan?

Bekasi, 28 Ramadhan 1440 H/ 02 Juni 2019 M
Riska Naura

1 Comments

  1. Bener banget sih kalau mau menjelang lebaran bukannya sibuk ibadah Malah sibuk yg lain ih �� semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan di terima Allah ya

    BalasHapus